Harga Emas Mengalami “Rebounds” Karena Aksi Jual Dolar AS

698

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik secara moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Jumat minggu lalu, karena kenaikan koreksi setelah terjual tajam pada hari Kamisnya. Aksi jual terhadap indeks dolar AS pada hari Jumat yang lalu juga menguntungkan pasar metal berharga.

Emas berjangka bulan Juni terakhir diperdagangkan naik $3.60 per ons pada $1,297.00. Perak Comex bulan Mei terakhir naik $0.153 pada $15.02 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa bercampur mengarah turun semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Minat terhadap resiko dari para trader/investor tetap tajam sampai akhir minggu lalu, didorong oleh berita-berita “mega-merger” antara perusahaan minyak Chevron dan Anadarko.

Musim melaporkan penghasilan perusahaan AS sedang berlangsung, dengan hasil-hasil dari bank-bank besar dirilis, termasuk JP Morgan dan Wells Fargo. Beberapa analis dari industri bank memperkirakan laporan penghasilan yang agak buruk untuk kuartal pertama tahun ini. Namun, hasil dirilis oleh JP Morgan dan Wells Fargo lebih baik daripada yang diperkirakan.

Cina melaporkan aktivitas impor dan ekspor untuk bulan Maret. Ekspor naik 14.2% YoY sementara Impor turun 7.6% pada periode yang sama. Angka terakhir ini dianggap bagus untuk ekonomi Cina, dengan ekspor pada bulan Februari turun 20.7% dari tahun yang lalu. Para peramal memperkirakan kenaikan ekspor pada bulan Maret hanya sekitar 9%.

Hal kunci diluar pasar pada hariJumat yang lalu adalah turunnya indeks dolar AS, sementara harga minyak mentah Nymex naik dan diperdagangkan disekitar $64.50 per barel.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas berikutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,330.80 setelah melewati $1.300.00 dan kemudian $1,305.00.  Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,284.90 setelah melewati $1,292.90.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here