10 Bank Terbaik di Indonesia Menurut Forbes, BCA Peringkat Teratas

906

(Vibiznews – Banking) – Media internasional Forbes baru-baru ini merilis untuk pertama kalinya survey dengan tajuk The World’s Best Banks 2019. Pendekatan customer-centric jelas terlihat dalam pemeringkatan Forbes ini, sebagian besar didasarkan pada kepuasan pelanggan. Bank asal Belanda, ING Bank memperoleh peringkat sangat tinggi di delapan dari 23 negara di mana pelanggan disurvei. Sementara, Citibank, yang mendapat peringkat tinggi di enam negara, adalah satu-satunya bank lain yang tampil sebagai bank terbaik di lebih dari lima negara.

Forbes bermitra dengan perusahaan riset pasar Statista untuk mengukur bank-bank terbaik di 23 negara. Statista mensurvei lebih dari 40.000 nasabah di seluruh dunia untuk menanyakan pendapat mereka mengenai kualitas relasi dan layanan bank-bank yang dirasakan saat ini dan sebelumnya.

Untuk Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dinobatkan sebagai The World’s Best Banks 2019, dimana dalam daftar tersebut, BCA berada pada posisi teratas dari 10 World’s Best Banks 2019 di Indonesia.

Bank-bank dinilai berdasarkan rekomendasi dan kepuasan nasabah, terutama pada lima aspek, antara lain kepercayaan (trust), syarat dan ketentuan (terms and conditions), layanan pelanggan (customer services), layanan digital (digital sevices), dan rencana pengelolaan keuangan (financial advice).

Menyambut pemeringkatan tersebut, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyatakan; “Kami sangat mengapresiasi hasil survei tersebut mengingat pengakuan tersebut datang langsung dari pengalaman yang dirasakan nasabah. Hal ini memberikan bukti bahwa berbagai transformasi layanan perbankan yang dilakukan BCA saat ini mampu menjawab kebutuhan riil dan memberikan rasa nyaman bagi nasabah.” Jahja Setiaatmadja menguraikannya di Jakarta kepada media beberapa waktu lalu.

Selain itu, Jahja menambahkan, kenyamanan dan keamanan nasabah merupakan hal yang paling utama bagi BCA. Karena itu, BCA berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan berbagai terobosan serta inisiatif baru guna memberikan kemudahan layanan perbankan bagi nasabah.

BCA disebutkan telah melakukan berbagai transformasi digital, mulai dari internet banking, Klik BCA, BCA Mobile, Sakuku, Flazz BCA, OneKlik BCA, QRku, VIRA, WebChat BCA, Keyboard BCA, pembukaan rekening online, dan inovasi lainnya yang sedang dikembangkan dan akan diluncurkan.

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu BCA juga meraih Best of The Best Awards 2018 dari majalah Forbes Indonesia. Best of the Best Awards merupakan ajang penganugerahan tahunan untuk mengapresiasi 50 perusahaan top di Tanah Air yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Ke-50 perusahaan terpilih adalah hasil saringan dari 565 perusahaan terbuka yang diseleksi Forbes Indonesia sepanjang tahun ini. BCA menempati urutan ke-9 dari 50 perusahaan terbaik dengan kinerja prima versi Forbes Indonesia tersebut, demikian rilis dari BCA baru-baru ini.

Sementara itu, terkait peringkat Forbes untuk The World’s Best Banks 2019 di Indonesia, ada 10 bank terbaik yang tampil dalam survey ini, dengan urutan sebagai-berikut:

  1. Bank BCA
  2. Bank BTPN
  3. HSBC
  4. Bank BNI
  5. Bank Mandiri
  6. Bank BRI
  7. Panin Bank
  8. Bank OCBC NISP
  9. Citibank
  10. Bank DBS

 

Analis Vibiz Research Center di sini ingin mengutip sedikit pengantar dari Forbes, yang menyebutkan teknologi telah melakukan revolusi pada pasar perbankan global, dengan ekspektasi nasabah telah naik semakin tinggi terhadap lembaga keuangan mereka. Itulah tantangan yang dihadapi oleh industri perbankan dewasa ini.

Bank-bank terbaik di atas telah dikenal konsumen dan pasar sebagai yang aktif melakukan transformasi digital banking dalam pelayanan perbankan mereka. Sebut saja BCA dan BTPN yang juga menduduki dua peringkat teratas. Perbankan harus bertransformasi. Inovasi lewat IT harus dikembangkan dalam berbagai penawaran jasa dan produk bank. Jika tidak, akan tertinggal.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here