Kenaikan GBP/USD Diatas 1.3100 Tertahan Resistance & Turun Lagi Kebawah 1.3100

188

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan diatas 1.3100, naik pada hari kemarin. Suatu minggu yang sibuk dengan laporan-laporan pekerjaan, inflasi dan penjualan eceran menunggu para trader. Pembicaraan antara pemerintah dan oposisi mengenai Brexit terus berlanjut.

Sebelumnya GBP/USD berpegangan pada level disekitar 1.3100, melekat pada rentang yang familiar. Setelah Uni Eropa memberikan perpanjangan 6 bulan terhadap Brexit, pasar relatif menjadi lebih tenang dan tidak lagi sibuk dengan bertanya-tanya apa berikutnya, karena tenggat waktu berikutnya adalah 31 Oktober.

Parlemen sedang istirahat pada minggu ini, namun pembicaraan antara pemerintah dengan partai oposisi Buruh terus berlangsung. Keduanya setuju untuk meninggalkan Uni Eropa dan mengakhiri pergerakan bebas, sementara hubungan perdagangan pada masa yang akan datang tetap menjadi isu. Partai Buruh mengingikan “custom union” tetap bersama dengan Uni Eropa sementara partai Konservatif ingin meninggalkan Blok. Kemungkinan akan diadakannya referendum yang kedua masih tidak jelas.

Para trader Sterling menghadapi setumpukan data atas pada minggu ini: laporan pekerjaan, inflasi, dan penjualan eceran. Di AS, pembicaraan perdagangan dengan Cina sedang mengalami kemajuan, dengan laporan-laporan mengenai konsesi AS dalam hal keterlibatan pemerintah Cina di dalam ekonomi. Berita ini membantu mendorong pasar dan sentimen yang “risk-on” tetap memelihara permintaan beli GBP/USD.

Charles Evan anggota FOMC akan berbicara, dan dia kemungkinan akan mengulangi sikap sabar mengenai kenaikan tingkat bunga. Indeks Empire State Manufacturing juga akan muncul dan diperkirakan akan naik.

Dengan hanya akan munculnya data level bawah, fokus pasar tetap pada perkembangan di dalam negosiasi antara AS dengan Cina dan partai-partai politik terbesar di Inggris.

Secara tehnikal, kenaikan GBP/USD akan berhadapan dengan “resistance” yang terdekat pada 1.3120 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “resistance” selanjutnya di 1.3150 dan kemudian 1.3200. Apabila turun pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat pada 1.3050 yang apabila berhasil dilewati akan bertemu dengan “support” berikutnya pada 1.2985 dan kemudian 1.2960.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here