EUR/USD Diperdagangkan Disekitar 1.1300 Ditengah Keragu-raguan Mengenai Prospek Zona Euro

389

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.1300 ditengah laporan bahwa sebagian anggota ECB meragukan proyeksi akan terjadinya “rebound” pada setengah tahun kedua. Sentimen pasar yang lebih baik mendukung pasangan matauang ini.

Pasangan matauang EUR/USD tetap diatas karena peningkatan yang tiba-tiba dari minat terhadap resiko pada pertengahan pagi Eropa yang membuat indeks Eropa naik tajam dan angka berjangka dari Wall Street naik ke ketinggian tahunan yang baru. Pasangan matauang ini bangkit dari kerendahan harian di 1.1279 menyusul berita-berita dimana beberapa pembuat kebijakan ECB berpikir bahwa proyeksi ekonomi dari bank adalah terlalu optimis dengan bertumbuhnya kelemahan di Cina dan ketegangan perdagangan terus berlangsung, membangkitkan keraguan mengenai pertumbuhan pada setengah tahun kedua.

Dari data ekonomi yang keluar, survey ZEW Jerman memberikan sinar pengharapan dengan sentimen ekonomi membaik di negara Jerman sendiri dan di Uni Eropa, dengan indeks Jerman 3.1 dan Uni Eropa 4.5 pada bulan April, jauh mengatasi dari yang diperkirakan oleh pasar.

Current Conditions di Jerman, namun, turun tajam, turun 5.5  dibandingkan dengan 8.0 yang diperkirakan dan sebelumnya 11.1.  Menurut laporan resmi, perbaikan yang sedikit ini sebagian besar di dasarkan kepada pengharapan bahwa lingkungan ekonomi global akan berkembang kurang  buruk daripada yang sebelumnya diasumsikan.

Sentimen pasar sedang memimpin arah pergerakan ditengah absenya data-data atas dan sebegitu jauh, para pemain pasar tidak yakin apakah rally yang solid pada saham-saham perusahaan AS akan menambah permintaan akan greenback.

Dari sisi tehnikal, apabila turun maka akan berhadapan dengan “support” terdekat pada 1.1280 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1245 dan akhirnya 1.1200. Sebaliknya apabila naik maka akan berhadapan dengan “resistance” terdekat pada 1.1320 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1350 dan akhirnya 1.1385.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here