Saham Raksasa Kesehatan Amerika Dorong Bursa Wall Street Cetak Rekor

544

(Vibiznews – Index) – Setelah melewati sesi perdagangan yang fluktuatif, pergerakan indeks bursa saham Amerika di bursa Wall Street ditutup rebound dan masuk dalam zona hijau Rabu (17/04). Dengan kenaikan tersebut, Dow Jones dan Nasdaq mengakhiri sesi pada level penutupan terbaik mereka dalam lebih dari enam bulan.

Indeks Dow Jones yang terdiri dari 30-saham  mengakhiri sesi naik 67,89 poin atau 0,3 persen pada 26.452,66 oleh dorongan kuat saham  Boeing yang naik 1,7% setelah Administrasi Penerbangan Federal mengatakan dalam sebuah laporan pembaruan untuk perangkat lunak 737 Max  secara operasional cocok.

Nasdaq Composite naik 0,3% atau 24,21 poin menjadi 8.000,23 sementara indeks S&P 500 menambah kenaikan ke-12 dalam 14 sesi karena saham sektor keuangan mengungguli dengan kenaikan 0,05% menjadi  2.907,06,  mendekati 2.940 yang merupakan rekor tertinggi  ditetapkan pada akhir September.

Transaksi beli saham yang kuat  terjadi sebagai reaksi terhadap berita laporan pendapatan dari komponen Dow Jones , yaitu Johnson & Johnson (JNJ) dan UnitedHealth (UNH). Namun dibatasi oleh laporan dari Federal Reserve yang menunjukkan produksi industri secara tak terduga turun lebih rendah di bulan Maret. Laporan itu mengatakan produksi industri turun 0,1 persen pada Maret setelah naik 0,1 persen pada Februari.

Saham raksasa kesehatan Johnson & Johnson mengakhiri hari dengan 1,1 persen setelah melaporkan hasil kuartal pertama yang melebihi perkiraan analis dan meningkatkan perkiraan untuk pertumbuhan penjualan setahun penuh.

Di sisi lain, saham UnitedHealth retreat dari lompatan awal meskipun perusahaan asuransi kesehatan tersebut melaporkan hasil kuartal pertama yang lebih baik dari yang diharapkan dan meningkatkan pedoman pendapatan setahun penuh.

Saham raksasa keuangan Bank of America (BAC) mengakhiri sesi dengan sedikit perubahan setelah melaporkan pendapatan kuartal pertama yang mengalahkan estimasi tetapi lebih lemah dari pendapatan yang diproyeksikan.

Secara sektoral, saham semikonduktor bergerak naik tajam selama sesi perdagangan, mendorong Philadelphia Semiconductor Index naik 3,2 persen ke rekor penutupan tertinggi. Seperti saham pembuat chip komunikasi Qualcomm (QCOM) melonjak dalam perdagangan sore setelah menyelesaikan perselisihan royalti dengan Apple (AAPL).

Kekuatan signifikan juga muncul di antara saham-saham keuangan, dengan Indeks KBW Bank dan NYSE Arca Broker / Dealer Index masing-masing naik 1,6 persen dan 1,5 persen. Demikian juga dengan saham  layanan minyak  bergerak lebih tinggi pada hari itu, namun saham  real estat komersial, emas, dan perawatan kesehatan menunjukkan pergerakan menurun.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here