Bursa Jerman Sendirian Menguat dari Bursa Eropa Lainnya

324

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal pekan hari Kamis (18/04)  dibuka lebih rendah setelah data flash PMI yang baru dirilis mengisyaratkan ekonomi yang stagnan. Namun bursa saham Jerman terpantau bergerak naik dengan fluktuatif.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 bergerak ke wilayah negatif dengan penurunan 0,18 persen. Indeks CAC 40 Prancis turun 0,23 persen, indeks FTSE 100  turun 0,38 persen, dan indeks DAX Jerman sedang naik 0,04 persen.

Data Purchasing Managers Indexes (PMI) dari Perancis dan Jerman gagal menenangkan kekhawatiran bahwa pelambatan ekonomi Eropa yang mungkin akan terjadi. Data manufaktur Jerman berada di bawah ekspektasi, sementara data Prancis juga menunjukkan penurunan output.

Fokus pasar juga disesuaikan dengan pendapatan perusahaan, dengan laporan kuartal pertama sangat mempengaruhi kinerja saham Eropa. Saham French luxury group Kering memimpin kerugian,  setelah pendapatan perusahaan secara tipis mengalahkan estimasi  dan pertumbuhan pada merek unggulan Gucci menyusut. Saham-saham yang terdaftar di Paris tersebut turun hampir 6%.

Juga diperdagangkan di wilayah negatif adalah saham pemberi pinjaman Italia FinecoBank. Saham perusahaan tersebut kehilangan lebih dari 3% setelah diketahui bahwa perusahaan induk UniCredit didenda $ 1,3 miliar karena melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Bank-bank besar Eropa akan mulai melaporkan pendapatan kuartal pertama mereka mulai minggu depan, dengan kekhawatiran di antara beberapa investor bahwa angka yang buruk dapat memperbaharui volatilitas pasar. Sektor perbankan Eropa diperdagangkan di wilayah negatif dengan  turun 0,3%.

Sementara itu, saham perusahaan biotek Sartorius Stedim memimpin kenaikan setelah membukukan laba kuartal pertama yang kuat. Saham naik lebih dari 3% selama transaksi awal.

Investor khawatir tentang perlambatan Eropa dan sedang menunggu data PMI untuk kawasan zona euro, yang akan menjadi indikator pada keadaan ekonomi kawasan secara besar.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa sebelumnya berakhir lebih tinggi  sebagai reaksi terhadap data yang kuat dari dua ekonomi terbesar dunia. Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 naik tipis 0,1 persen. Indeks DAX Jerman naik 0,4 persen dan indeks CAC 40 Prancis naik 0,6 persen, sedangkan FTSE 100 dari Inggris berakhir sedikit lebih tinggi.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 
SHARE
Previous articleDampak Stimulus, Ekonomi China Menunjukkan Pemulihannya
Next articleNilai Ekspor Maret 2019 Meningkat
Jul Allens is Editor in Vibiznews.com and as Senior Commodity Researcher of Vibiz Research Center, that makes market analysis (fundamental & technical) and research of global commodities. Since 2004 he has also active as a national leadership trainer - Vibiz Learning Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here