EUR/USD Melanjutkan Kejatuhannya Setelah Keluarnya Penjualan Eceran AS Yang Melampaui Perkiraan

878

(Vibiznews-Forex) EUR/USD melanjutkan kejatuhan setelah penjualan eceran AS melampaui dari apa yang diperkirakan dengan angka 1.6% meskipun adanya revisi turun. Pasangan matauang ini diperdagangkan pada kerendahan 1.1200 an. Pada awal sebelumnya PMI manufaktur Jerman jatuh dan membuat EUR/USD turun.

Pasangan matauang EUR/USD tumbang ke 1.1242 pada awal perdagangan sesi Eropa kemarin, dengan perkiraan PMI Markit untuk aktifitas bisnis yang terbaru pada bulan April menunjukkan output manufaktur tetap tertekan, khususnya di Jerman. Menurut laporan resmi,”meskipun ada sedikit perbaikan, pertumbuhan ekonomi sektor swasta Jerman tetap rendah pada permulaan dari kuartal kedua dari tahun ini, dibebani oleh kontraksi di dalam produksi barang-barang ekspor.

Indeks manufaktur muncul di 44.5, sedikit lebih baik daripada angka bulan Maret di 44.1, namun dibawah dari perkiraan pasar. 45.2.

EUR/USD berada dekat kerendahannya menjelang rilis data penjualan eceran AS, yang hasilnya bagus, dan selanjutnya mendorong naik “greenback”. Penjualan eceran AS naik 1.6% MoM pada bulan Maret dibandingkan dengan angka yang diperkirakan sebesar 0.9%. Penjualan eceran Control Group meningkat 1.0% dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar 0.4%. Amerika Serikat juga merilis klaim pengangguran, dengan penurunan menjadi 193.000 dibandingkan dengan yang diperkirakan 205.000 pada minggu yang berakhir tanggal 5 April, suatu kerendahan yang baru hampir lima dekade.

Saat ini EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.1240, apabila turun maka akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1200 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1175 dan akhirnya 1.1130. Sebaliknya apabila naik, akan berhadapan dengan”resistance” terdekat di 1.1280 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1320 dan akhirnya 1.1350.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here