GBP/USD Berjuang Disekitar 1.3000 Setelah Keluarnya Laporan Penjualan Eceran AS

573

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan disekitar 1.3000 setelah penjualan eceran AS mengatasi angka yang diperkirakan dengan kenaikan yang signifikan. Sebelumnya pasangan matauang ini sempat turun di bawah 1.3000. Sebenarnya penjualan eceran Inggris yang keluar beberapa jam sebelumnya juga melampaui proyeksi awal, namun sentimen pasar yang mendelep membuatnya tetap tertekan.

GDP/USD diperdagangkan pas diatas 1.3000, turun pada hari kemarin. Kegairahan pasar telah lenyap dan sentimen yang pesimis mendorong naik dolar AS yang “safe-haven”.  Cina dan AS melaporkan kemajuan yang baru di dalam pembicaraan perdagangan, namun laporan ini telah beredar sebelumnya.

Laporan penjualan eceran Inggris membawa GBP/USD naik sebentar. Penjualan eceran Inggris naik 1.1% pada bulan Maret, mengatasi angka yang diperkirakan akan kejatuhan. Sebagai tambahan angka penjualan eceran Inggis yang keluar muncul atas revisi kenaikan. Jika tanpa memasukkan angka bahan bakar, kenaikannya adalah1.2%, juga jauh diatas dari perkiraan awal.

Penjualan eceran melengkapai rangkaian angka “top-tier” yang dimulai dengan laporan pekerjaan yang bagus, dilanjutkan dengan data inflasi yang tanggung dan diakhiri dengan angka penjualan eceran sekarang. Dari ketiganya, datanya bercampur dan tidak memberikan arah yang jelas, membuat beberapa berita Brexit dan sentimen pasar yang membentuk trading hari ini. Tanpa kemajuan di dalam pembicaraan antara partai Buruh dengan Konservatif, pergerakan Poundsterling menjadi terbatas.

Secara tehnikal, apabila turun lagi dibawah 1.3000 maka akan bertemu dengan “support” terdekat di 1.2985 yang apabila berhasil dilewati, maka akan lanjut ke 1.2960 dan akhirnya ke 1.2895. Sebaliknya apabila naik diatas 1.3000 akan bertemu dengan “resistance” terdekat di 1.3035 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3070 dan akhirnya 1.3120.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here