Meski Banyak Bursa Asia Pasifik Tutup, Saham Jepang dan Korsel Untung

891
indeks kospi

(Vibiznews – Index) – Sebagian besar bursa saham kawasan Asia Pasifik hari Jumat (19/04)  ditutup oleh libur Paskah, dan terpantau bursa yang buka seperti bursa Jepang, Korea Selatan dan China daratan. Bursa utama kawasan yang libur seperti bursa Australia, New Zealand, Hong Kong, Singapura dan Indonesia.

Ketiga bursa saham yang tetap berjalan tersebut dibuka dengan indeks yang positif dan kini terpantau mixed, dimana bursa saham Jepang dan Korea Selatan bergerak untung alias kuat dan bursa Shanghai terpangkas kekuatannya. Meningkatnya sentimen pasar membeli saham di Asia mengikuti kenaikan semalam di bursa  Wall Street. Pasar Amerika juga akan ditutup pada hari ini karena Jumat Agung.

Lihat: Bursa Amerika Berhasil Dapat Untung Dari Lonjakan Data Ritel

Indeks Nikkei 225 di bursa saham Jepang naik 0,66% meskipun saham eksportir utama banyak yang merah oleh karena posisi kurs yen Jepang menguat. Indeks diperkuat oleh  banyak saham teknologi membukukan keuntungan, dengan saham Nintendo melonjak 15,25%.

Pasar saham di China daratan yang awal sesi dibuka menguat cukup signifikan kini bergerak lemah dan negatif dengan posisi indeks komposit Shanghai turun  0,37%. Pada hari Kamis, raksasa teknologi Cina Tencent memenangkan persetujuan penting untuk mulai menjual konsol game Nintendo Switch di Cina, salah satu pasar video game terbesar di dunia. Switch pertama kali dirilis pada 2017 dan saham ADR Nintendo yang terdaftar di AS naik lebih dari 12% di sesi sebelumnya.

Untuk perdagangan saham di bursa Korea Selatan menguat meskipun saham berkapital besar papan atas seperti  Samsung Electronics tergelincir 0,33 persen, kini indeks Kospi menguat 0,21% disupport oleh kuatnya saham pembuat chip utama SK hynix melonjak 3,66 persen.dan saham produsen mobil terkemuka Hyundai Motor naik 0,75 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here