Pembangunan Perumahan AS Maret Merosot Terendah 2 Tahun

1090

(Vibiznews – Economy & Business) Pembangunan rumah A.S. jatuh ke level terendah hampir dua tahun pada bulan Maret, akibat kelemahan terus-menerus di segmen perumahan keluarga tunggal, menunjukkan pasar perumahan terus berjuang meskipun tingkat hipotek menurun.

Beberapa kelemahan dalam pembangunan rumah yang dilaporkan oleh Departemen Perdagangan pada hari Jumat (19/04) kemungkinan mencerminkan gangguan yang disebabkan oleh banjir besar-besaran di Midwest, dengan pembangunan awal perumahan di wilayah tersebut menurun ke level yang terakhir terlihat pada awal 2015. Laporan ini melawan gelombang baru-baru ini dari data optimis yang mengindikasikan ekonomi pulih kembali saat kuartal pertama berakhir.

Pembangunan awal perumahan turun 0,3 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,139 juta unit bulan lalu, level terendah sejak Mei 2017. Data untuk Februari direvisi turun untuk menunjukkan pembangunan rumah berjatuhan ke kecepatan 1,142 juta unit daripada yang dilaporkan sebelumnya 1,162 juta- tingkat unit.

Pembangunan awal perumahan di Midwest, yang hancur oleh banjir selama bulan itu, turun 17,6 persen.

Izin bangunan turun 1,7 persen ke tingkat 1,269 juta unit pada Maret, terendah dalam lima bulan. Izin bangunan sekarang telah menurun selama tiga bulan berturut-turut. Izin untuk rumah keluarga tunggal turun ke level lebih dari 1,5 tahun di bulan Maret, pertanda buruk untuk memulai dalam beberapa bulan mendatang.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pembangunan awal perumahan meningkat ke kecepatan 1,230 juta unit pada bulan Maret.

Kelemahan yang berkepanjangan dalam pembangunan rumah kemungkinan mencerminkan kekurangan lahan dan tenaga kerja, serta bahan bangunan yang mahal.

Sebuah survei pada hari Selasa menunjukkan bahwa meskipun pembangun melaporkan permintaan yang kuat untuk rumah baru, mereka terus menyoroti “kekhawatiran keterjangkauan yang berasal dari kekurangan kronis pekerja konstruksi dan banyak bangunan.”

Tingkat hipotek tetap 30 tahun telah turun dari puncaknya sekitar 4,94 persen pada November menjadi sekitar 4,12 persen, menurut data dari lembaga keuangan hipotek Freddie Mac. Penurunan tingkat hipotek mencerminkan keputusan baru-baru ini oleh Federal Reserve untuk menunda kampanye pengetatan kebijakan moneter tiga tahun.

Pasar perumahan menyentuh titik lemah tahun lalu, dengan investasi dalam pembangunan rumah menyusut 0,3 persen, kinerja terlemah sejak 2010. Setelah tersandung pada pergantian tahun, sektor-sektor ekonomi lain mendapatkan kembali momentum.

Penjualan ritel melonjak pada bulan Maret dan data perdagangan, inventaris dan pengeluaran konstruksi juga naik, mendorong para ekonom untuk secara tajam meningkatkan estimasi produk domestik bruto mereka untuk kuartal pertama.

Prakiraan pertumbuhan untuk kuartal Januari-Maret telah dinaikkan ke tingkat tahunan 2,9 persen. Mereka berada pada satu titik serendah tingkat 0,3 persen setelah serangkaian laporan ekonomi yang lemah pada pergantian tahun. Ekonomi tumbuh pada tingkat 2,2 persen pada kuartal keempat.

Pembangunan kembali keluarga tunggal, yang menyumbang bagian terbesar dari pasar perumahan, turun 0,4 persen ke tingkat 785.000 unit pada bulan Maret, level terendah sejak September 2016.

Pembangunan kembali keluarga tunggal di Midwest merosot 21,2 persen bulan lalu ke level terendah sejak Februari 2015. Awal keluarga tunggal juga jatuh di daerah padat penduduk di Selatan. Tetapi mereka bangkit di Timur Laut dan Barat.

Izin untuk membangun rumah keluarga tunggal turun 1,1 persen ke tingkat 808.000 unit pada bulan Maret, terendah sejak Agustus 2017. Izin membangun rumah keluarga tunggal kini telah menurun selama empat bulan berturut-turut.

Mulai untuk segmen perumahan multi-keluarga yang tidak stabil tidak berubah pada tingkat 354,00 unit pada bulan Maret. Izin untuk pembangunan rumah multi-keluarga turun 2,7 persen ke laju 461,00 unit bulan lalu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here