Saham Amerika Diserbu Pasar, S&P500 dan Nasdaq Cetak Rekor Tinggi

206

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham di bursa Amerika berhasil mencetak keuntungan yang besar bahkan mencetak rekor tinggi bagi indeks S&P500 dan juga Nasdaq. Sedangkan untuk Dow Jones yang sebelumnya rally melaju kencang mendekati rekor sepanjang masa yang pernah dicapai pada Maret 2018.

Mengakhiri perdagangan di bursa Wall Street beberapa saat lalu Rabu (24/04), indeks S&P500 ditutup 0,9% lebih tinggi  pada 2.933,68 yang melampaui rekor penutupan sebelumnya di 2.930,75. Indeks Nasdaq ditutup naik 105,56 poin atau 1,3% pada 8.120,82. Kemudian indeks Dow Jones naik 145,34 poin atau 0,6 % pada 26.656,39 yang 1,1% lebih tinggi dari posisi tertinggi sepanjang masa.

Kekuatan indeks saham di Wall Street mencerminkan reaksi positif terhadap berita laporan pendapatan optimis dari sejumlah perusahaan besar, termasuk komponen Dow United Technologies (UTX) dan Coca-Cola (KO). United Technologies dan Coca-Cola keduanya bergerak sangat tinggi pada hari itu setelah melaporkan hasil kuartal pertama yang lebih baik dari yang diharapkan.

Saham Twitter (TWTR) juga alami kenaikan yang signifikan setelah raksasa media sosial tersebut melaporkan pendapatan kuartal pertama, pendapatan, dan pertumbuhan pengguna yang lebih baik dari yang diharapkan.

Demikian juga saham pembuat mainan Hasbro (HAS) naik tajam setelah secara tak terduga menghasilkan keuntungan di kuartal pertama dengan pendapatan yang lebih baik dari yang diharapkan. Namun untuk saham  Procter & Gamble (PG) dan Verizon (VZ) keduanya bergerak ke zona negatif meskipun melaporkan pendapatan kuartal pertama yang melebihi perkiraan analis.

Secara sektoral,  saham bioteknologi bergerak naik tajam dan mendorong Indeks Bioteknologi Arca NYSE naik 2,7 persen. Selanjutnya sektor biotek rebound setelah  perdagangan sebelumnya jatuh di level penutupan terendah dalam lebih dari tiga bulan.

Kekuatan signifikan juga muncul di antara saham-saham perawatan kesehatan, sebagaimana tercermin pada lonjakan 1,7 persen oleh Dow Jones A.S. Health Care Index. Dan saham perangkat lunak, ritel, dan farmasi juga alami  kekuatan yang menonjol pada  mencerminkan minat beli yang tinggi di Wall Street.

Sentimen positif perdagangan semalam juga didapat dari laporan Departemen Perdagangan yang menunjukkan penjualan rumah baru di AS yang secara tak terduga melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari setahun di bulan Maret,  naik 4,5 persen ke tingkat tahunan 692.000 pada Maret setelah melonjak 5,9 persen ke tingkat revisi 662.000 pada Februari. Dengan lonjakan yang tak terduga, penjualan rumah baru mencapai tingkat tahunan tertinggi sejak mencapai 712.000 pada November 2017.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here