Banyak Bursa Saham Asia Terpukul Ikuti Kejadian di Wall Street

491

(Vibiznews – Index) – Sebagian besar bursa saham Asia Pasifik lebih rendah pada perdagangan  hari Jumat (03/05) setelah isyarat lemah semalam dari bursa Wall Street di tengah kekecewaan yang berkelanjutan setelah Federal Reserve mengindikasikan tidak mungkin untuk memotong suku bunga dalam waktu dekat. Selain itu, penurunan harga minyak mentah menyeret saham sektor energi.

Investor juga sedang berhati-hati dalam menantikan laporan pekerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja AS yang jadi fokus utama pasar global, selain itu dipengaruhi oleh volatilitas lemah oleh tutupnya bursa saham China dan Jepang.

Perdagangan saham di bursa Hong Kong sedang terjadi profit taking setelah perdagangan sebelumnya cetak untung, sehingga indeks Hang Seng melemah 0,16 persen yang mendapat tekanan kuat dari anjloknya saham kapital besar seperti saham Xiaomi, Petrochina,China Mobile dan China Tencent.

Indeks Kospi di bursa saham Korea Selatan terpangkas turun dari posisi kuat sebelumnya, yang turun 0,78 persen. Tertekan kuat oleh anjloknya saham  industri kelas berat Samsung Electronics  yang sedang turun 0,87%, namun saham rivalnya SK Hynix sedang naik moderat.

Di kawasan Pasifik perdagangan saham masih mixed, dimana bursa saham Australia alami rebound  sedang bursa saham New Zealand alami profit taking. Indeks ASX200 menguat  0,17 persen yang banyak ditopang  oleh kuatnya saham perbankan. Sedangkan di perdagangan bursa saham New Zealand, indeks NZX 50 melemah 0,24 persen yang mendapat tekanan kuat dari anjloknya saham perbankan seperti saham ANZ dan AMP.

Untuk perdagangan bursa saham Indonesia di bursa Jakarta alami profit taking pasca libur may day, kini indeks harga saham gabungan (IHSG) anjlok 1,36 persen ke posisi 6287.57. Tekanan kuat indeks dipicu oleh anjloknya saham-saham unggulan sektor industri dasar  dan properti.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here