Penjualan Eceran Maret 2019 Tumbuh Meningkat

209

(Vibiznews – Economy & Business) – Bank Indonesia baru saja merilis data penjualan eceran pada bulan Maret 2019. Penjualan eceran tumbuh meningkat pada Maret 2019. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) dari Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia Maret 2019 yang  tumbuh sebesar 10,1% (yoy), meningkat dari 9,1% (yoy) pada Februari 2019.

 Peningkatan penjualan eceran terutama bersumber dari subkelompok Sandang (terutama produk pakaian jadi dan alas kaki serta perlengkapannya) dan kelompok Suku Cadang dan Aksesori, yang masing-masing tercatat tumbuh 41,2% (yoy) dan 20,7% (yoy) dibandingkan 33,7%(yoy) dan 20,7% (yoy) pada bulan sebelumnya, demikian dikutip dari Bank Indonesia.

Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh positif pada April 2019. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR April 2019 yang diprakirakan tumbuh 5,7% (yoy), meskipun melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya. Namun demikian, IPR April 2019 tersebut diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 4,1% (yoy). Pertumbuhan positif tersebut ditopang oleh penjualan subkelompok Sandang dan kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

Hasil survei mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Juni 2019) meningkat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 174,6 meningkat dari 153,9 pada bulan sebelumnya, dipengaruhi oleh tekanan inflasi yang cenderung meningkat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here