Bank Danamon Akan Terbitkan Obligasi 2T Tahun Ini

368

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Salah satu instrumen investasi yang cukup berhasil untuk menggalang dana dikenal dengan obligasi atau penerbitan surat utang. Beberapa perusahaan pemerintah bahkan juga perbankan telah melakukan hal ini. Salah satu bank yang berencana menerbitkan obligasi di tahun ini adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

BDMN merupakan salah satu emiten yang masuk dalam pipeline di Bursa Efek, yang status obligasinya sudah sampai tahap penandatanganan kontrak. Hal tersebut dibenarkan oleh Abraham Sihaloho, External Affairs Head Bank Danamon.

Penerbitan obligasi senilai Rp 2 triliun tersebut merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) pada tahun ini. Sedangkan penawaran awal Obligasi Berkelanjutan I Bank Danamon sudah dilakukan pada 22 April 2019 hingga 3 Mei 2019 lalu. Sementara untuk penawaran umum akan dilakukan pada tanggal 17 dan 20 Mei.

Obligasi yang akan terbit itu sudah mendapatkan  peringkat dari AAA (idn) dari Fitch Ratings Indonesia dan obligasi tersebut nantinya akan digunakan untuk menyalurkan kredit perbankan serta meningkatkan likuiditas bank.

Obligasi tersebut akan ditawarkan pada tingkat 100% nilai nominalnya, dalam tahap I ini, kupon obligasi tersebut memiliki besaran 7,25% hingga 9,00%.

Sedangkan PT CGS-CIMB Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Sekurtias menjadi penjamin pelaksana emisi obligasi tahap I tersebut.

Rencananya sepanjang tahun ini, BDMN sendiri menargetkan jumlah pokok obligasi senilai Rp 5 triliun, dan akan ditawarkan dalam tiga seri yaitu seri A, seri B, dan seri C dengan tenor masing-masing selama 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun.

 

 

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here