Bursa Asia 9 Mei Dominan Negatif Tertekan Pernyataan Trump

784

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia sebagian besar turun pada hari Kamis (09/05) dengan kewaspadaan investor setelah pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengklaim China telah melanggar kesepakatan dalam negosiasi perdagangan yang sedang berlangsung.

Indeks Kospi Korea Selatan jatuh 3,04% menjadi ditutup pada 2.102,01 – persentase penurunan satu hari terbesar sejak pertengahan Oktober 2018, menurut Reuters. Saham kapital besar Samsung Electronics turun 4,07% dan pembuat chip SK Hynix anjlok 5,35%.

Di China, indeks Shanghai turun 1,48% menjadi ditutup pada sekitar 2.850,95 dan indeks Shenzhen turun 1,28% menjadi ditutup pada sekitar 1.510,72.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 2,39% pada 28311.07.

Indeks Nikkei 225 Jepang tergelincir 0,93% menjadi ditutup pada 21.402,13, sementara indeks Topix tergelincir 1,38% untuk menyelesaikan hari perdagangannya di 1.550,71. Saham pembuat mobil Honda Motor turun 4,68% meskipun perusahaan memperkirakan kenaikan 6% dalam laba operasi untuk tahun fiskal berjalan.

Namun indeks ASX 200 di Australia melawan tren turun untuk menutup 0,42% lebih tinggi pada 6.295,30.

Berbicara kepada para pendukungnya pada rapat umum di Florida, Trump menyalahkan Beijing atas gagalnya pembicaraan perdagangan yang menyebabkan ancamannya baru-baru ini untuk menaikkan tarif.

Pasar telah terguncang untuk sebagian besar minggu ini setelah Trump mengatakan dalam sebuah posting Twitter pada hari Minggu bahwa AS akan menaikkan tarif pada barang-barang China segera setelah hari Jumat, sebuah langkah yang tidak terduga oleh investor yang telah menilai kemungkinan kesepakatan perdagangan tercapai. antara dua kekuatan ekonomi.

Dalam aksi pasar semalam di Wall Street, saham menyelesaikan hari perdagangan sebagian besar tidak berubah. Dow Jones Industrial Average melonjak pada tengah hari setelah Gedung Putih mengkonfirmasi tweet Presiden Donald Trump sebelumnya bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He akan memimpin delegasi ke Washington minggu ini untuk negosiasi perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan mencermati hasil negosisi perdagangan AS-China yang berlangsung malam ini, yang jika memberikan tanda positif, akan menguatkan bursa AS dan Asia juga. Namun sebaliknya jika belum ada tanda positif, kekhawatiran perang dagang akan terus berlanjut dan menekan bursa global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here