Bursa Eropa Rebound Setelah China Balas Menaikkan Tarif Barang Impor AS

322

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Selasa (14/05) setelah China mengenakan tarif pembalasan atas impor A.S.

Indeks STOXX 600 Eropa naik 0,80% pada perdagangan sore hari. Dari segi sektor, sumber daya dasar memimpin kenaikan 1,8%, dengan sebagian besar sektor melanjutkan sesi positif.

Indeks FTSE Inggris melonjak 1.02 persen. Indeks DAX Jerman naik 0.70 persen. Indeks CAC Perancis menguat 1.23 persen.

Beijing mengumumkan pada hari Senin bahwa pihaknya akan menaikkan tarif atas barang-barang AS senilai $ 60 miliar yang dimulai pada tanggal 1 Juni. Berita itu memicu aksi jual pasar, tetapi saham Eropa memulai pemulihan melalui perdagangan Selasa pagi.

Di Amerika Serikat, Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa ia belum memutuskan apakah akan melanjutkan dengan tarif tambahan $ 300 miliar barang Tiongkok, tetapi Kantor Perwakilan Dagang AS memulai proses hukum yang diperlukan untuk mendorong bea selanjutnya.

Menteri luar negeri Kerajaan Inggris telah memperingatkan kemungkinan konflik di wilayah Teluk yang sudah tidak stabil ketika Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Eropa mengenai situasi di Iran.

Dalam berita perusahaan, saham Bayer turun 3% dalam perdagangan pagi, setelah juri California menghantam raksasa farmasi Jerman dengan hadiah ganti rugi ganti rugi $ 2 miliar untuk pasangan yang mengklaim pembunuh gulma Roundup yang menyebabkan kanker mereka. Itu adalah putusan juri AS terbesar hingga saat ini dalam proses pengadilan atas bahan kimia tersebut.

Perusahaan asuransi Jerman Allianz membukukan kenaikan kecil dalam laba bersih untuk kuartal pertama dari periode waktu yang sama tahun lalu, sedikit di depan ekspektasi, dan mengkonfirmasi targetnya untuk 2019. Laba bersih naik menjadi 1,969 miliar euro (2,21 miliar dolar AS). Saham perusahaan naik sedikit pada awal perdagangan.

Saham Volkswagen diperdagangkan 2,3% lebih tinggi setelah pembuat mobil Jerman mempresentasikan rencana untuk IPO (penawaran umum perdana) dari divisi truknya.

Saham Vodafone berbalik arah dalam perdagangan pagi dan naik 1,7%, pulih dari penurunan awal setelah perusahaan telekomunikasi Inggris mengumumkan akan memangkas dividennya untuk mengatasi beban utangnya.

Saham Thyssenkrupp naik sedikit meskipun membukukan kerugian untuk kuartal kedua, beberapa hari setelah perusahaan dipaksa untuk meninggalkan rencana untuk membagi perusahaan menjadi dua.

Pembuat kabel Italia Prysmian adalah pemain yang menonjol di sesi pagi, sahamnya naik 6,5% setelah pengumuman laba kuartal pertama melampaui ekspektasi. Ini terjadi meskipun perusahaan mengakui pada hari Senin bahwa mereka tidak dapat mengesampingkan lebih banyak kesalahan pada proyek WesternLink yang diperangi, proyek infrastruktur tegangan tinggi antara Inggris dan Skotlandia.

Perusahaan iklan baris online Jerman, Scout24 memimpin kerugian, turun 6,5% setelah pengumuman bahwa tawaran pengambilalihan yang dipimpin oleh Hellman & Friedman dan Blackstone telah gagal.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik setelah China bersiap melakukan aksi balas kenaikan tarif terhadap barang impor AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here