Preview: Penjualan Eceran Amerika Serikat

289

(Vibiznews-Forex) Biro Sensus AS akan mengeluarkan data penjualan eceran AS pada malam ini.

Ekonomi AS didasarkan pada konsumsi dan angka baru untuk bulan April akan memberikan penerangan mengenai prospek untuk kuartal kedua. Penjualan umum naik 1.6% di bulan Maret, dan untuk bulan April diperkirakan tingkat pertumbuhan yang lebih moderat sebesar  0.2%. Penjualan eceran inti naik 1.2% dan disini juga diperkirakan ekspansi yang lebih pelan sebesar 0.7%. Laporan yang kuat lainnya akan menurunkan kemungkinan pemotongan tingkat bunga oleh Federal Reserve.

Penjualan Eceran & Pertumbuhan Ekonomi

Pencapaian GDP 3.2% dari ekonomi AS pada kuartal pertama mengurangi keprihatinan bahwa penurunan pertumbuhan dari 4.2% di kuartal kedua 2018 menjadi 2.2% di kuartal keempat 2018 adalah bukti bahwa paket belanja dan administrasi pajak hanya memberikan kenaikan sementara terhadap ekonomi AS.

Setelah kebingungan dalam pelaporan akibat dari penghentian sebagian operasi pemerintah pada bulan Januari, ketepatan dari beberapa statistik menjadi tidak pasti. Penjualan eceran bulan Desember yang dilaporkan dengan penurunan besar di diskontokan oleh Biro Sensus yang mengakui terjadinya problem di dalam pengumpulan data. Sebagian dari penjualan bulan Desember kemungkinan besar akan dimasukkan kedalam angka bulan Januari yang akan membantu kuartal pertama mendapatkan angka yang lebih baik.

Ekonomi AS tidak memberikan tanda-tanda perlambatan setelah hampir satu dekade ekspansi. Eskalasi di dalam perang dagang dengan Cina kemungkinan bisa mengurangi pertumbuhan jika tarif dikenakan pada semua barang impor Cina, namun pajak sekarang hanya sedikit mempengaruhi ekonomi pada kuartal pertama.

Penjualan Ecaran dan Pasar Tenaga Kerja

Pasar tenaga kerja yang kuat dan kenaikan di dalam upah selama dua tahun belakangan telah memberikan rumah tangga keuangan dan keyakinan menghadapi sentimen yang mematikan dari penghentian sebagian operasi pemerintah dan kembali ke konsumsi normal di kuartal pertama.

Non-farm payrolls rata-rata sebulan 235.000 pada kuartal pertama. Moving average setahun diatas 200.000.

Sentimen Konsumen

Optimisme diantara konsumen Amerika telah kembali dari kejatuhan akibat penghentian sebagian operasi pemerintah pada awal tahun. Michigan Consumer Sentiment index pada bulan April 96.9. Angka untuk bulan Mei diperkirakan naik sedikit menjadi 97.5.

Kesimpulan

Angka-angka pasar tenaga kerja, upah dan sentimen konsumen menunjuk kepada keberlanjutan dari performance eceran yang kuat pada kuartal pertama. Berdasarkan analisa diatas konsumen AS memiliki sedikit alasan untuk turun.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here