KSEI Luncurkan AKSes Next-G, Permudah Investor Saham Monitor Uangnya

794

(Vibiznews – IDX) PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan aplikasi terbaru dari fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yaitu AKSes Next-G (AKSes Next Generation). Prosesi peluncuran dilakukan bersamaan dengan pembukaan perdagangan saham di BEI pada hari Senin (20/05).

Peluncuran aplikasi yang merupakan perbaikan dari aplikasi sebelumnya yang dimiliki oleh KSEI ini dilakukan Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi yang disaksikan oleh Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal 2A Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yunita Linda Sari dan  Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Loto Srinaita Ginting, serta Direksi dan Komisaris Self-Regulatory Organizations (SRO).

Dengan fasilitas AKSes ini yang generasi sebelumnya sudah diluncurkan pada tahun 2009, investor  di pasar modal dapat secara langsung memantau portofolio kepemilikan Efek dan/atau dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabah  sehingga  dapat membandingkan laporan  yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala.

Friderica Widyasari Dewi menyampaikan aplikasi terbaru ini menyajikan proses login yang sangat mudah baik investor lokal maupun luar negeri. Untuk investor lokal cukup dengan input Nomor Induk Kependudukan (NIK) sedangkan investor luar negeri masukkan  nomor paspor.

Karena  proses registrasi sebelumnya membutuhkan dokumen fisik berupa Kartu AKSes dan PIN Code. Selain itu juga  aplikasi AKSes Next-G diharapkan dapat menambah penggunaan fasilitas AKSes bertambah banyak,  yang hingga akhir tahun 2018 masih kurang  dari 12%.

Dalam rangka peluncuran AKSes Next-G, KSEI bekerjasama dengan PT Phintraco Sekuritas dan PT MNC Sekuritas menyelenggarakan kegiatan login bersama ke fasilitas AKSes Next-G pada tanggal 1 – 19 Mei 2019 di beberapa kota di Indonesia.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here