Forbes Menyebut Indonesia Macan Ekonomi Baru di Asia Tenggara, Mengapa?

1255

(Vibizmedia – Economy & Business) – Media global terkemuka Forbes baru-baru ini memberikan predikat Indonesia sebagai macan ekonomi baru di kawasan Asia Tenggara. Istilah “macan” dikenal sebagai julukan bagi negara-negara Asia Timur yang ekonominya tumbuh pesat. Untuk Indonesia hal yang sama ini semakin diakui dunia, terutama berkat ekonomi digital atau ekonomi mobile.

Pada paruh kedua abad terakhir yang lalu, Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan dikenal sebagai “macan ekonomi” Asia karena industrialisasi, perdagangan, dan pengembangan finasial yang cepat yang menyebabkan tingginya tingkat pertumbuhan berkelanjutan. Hari ini, Hong Kong dan Singapura dikenal sebagai pusat keuangan terkemuka dunia, sedangkan Korea Selatan dan Taiwan dikenal karena industri manufaktur dan seni mereka.

“Transformasi serupa sedang terjadi di Asia Tenggara, hanya saja kini perintis perubahan didorong oleh ekonomi mobile. Hal ini amat terbukti jelas di Indonesia, negara dengan populasi keempat terbesar di dunia,” demikian tulis Forbes belum lama ini (14/05).

Forbes menyebutkan tentang beberapa fakta menakjubkan tentang Indonesia: