Bursa Wall Street Menguat Seiring Kesepakatan Dagang AS-Mexico

424

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS naik pada hari Senin (10/06) setelah AS mencapai kesepakatan dengan Meksiko tentang tarif, meredakan beberapa kekhawatiran perang perdagangan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik sekitar 158 poin, sementara indeks S&P 500 naik sekitar 1%, saat ini kurang dari 2% untuk mencapai intraday tertinggi sepanjang masa pada 1 Mei. Indeks Nasdaq naik hampir 2% dipimpin oleh saham Amazon.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada hari Minggu bahwa tarif yang diusulkan untuk impor Meksiko akan ditangguhkan tanpa batas waktu. Trump mengatakan dalam sebuah posting Twitter bahwa ia memiliki “keyakinan penuh” bahwa Meksiko akan menindak migrasi dari Amerika Tengah, setelah kedua tetangga mencapai konsensus.

Saham GM dan Ford, dua perusahaan yang memiliki banyak kerugian dalam pertempuran perdagangan dengan Meksiko karena produksi mereka di sana, masing-masing melonjak 1,8% dan 2,6% pada hari Senin.

Sementara itu, investor memantau perkembangan dalam perang dagang AS-Tiongkok. Trump mengatakan kepada CNBC pada hari Senin bahwa ia yakin China akan membuat kesepakatan dengan A.S. “karena mereka harus melakukannya.”

Trump dan pemimpin China Xi Jinping akan bertemu di KTT G-20 akhir bulan ini setelah kedua negara mengenakan tarif dan membuat ancaman besar. Trump mengatakan Senin jika Xi melewatkan pertemuan, lebih banyak tarif China akan segera berlaku. Trump telah mengancam untuk mengenakan bea atas barang-barang Tiongkok $ 300 miliar lainnya jika mereka tidak dapat mencapai kesepakatan segera.

Pejabat kepala anggaran Gedung Putih dilaporkan berusaha untuk menunda pembatasan raksasa telekomunikasi Cina Huawei, yang akan menghentikan kemampuannya untuk membeli chip buatan AS. Pembuat chip Nvidia dan Advanced Micro Devices masing-masing naik 2,8% dan 4% pada hari Senin setelah berita.

Menambah sentimen bullish pada hari Senin adalah kesepakatan besar industri dirgantara. Raytheon dan United Technologies sepakat untuk merger seluruh saham yang akan menciptakan perusahaan gabungan dengan $ 74 miliar dalam penjualan tahunan. Kedua saham melonjak di perdagangan premarket. Saham Raytheon naik 1,2%, sedangkan saham United Technologies turun sekitar 1%.

Salesforce.com mengumumkan akuisisi perusahaan perangkat lunak Tableau Software gettdata besar pada hari Senin. Kesepakatan seluruh saham senilai $ 15,3 miliar menandai pembelian terbesar dalam sejarah perusahaan. Saham Tableau melonjak 37% pada hari Senin dan Salesforce.com turun lebih dari 3%.

Indeks utama mencari untuk membangun di atas keuntungan besar minggu lalu di tengah harapan penurunan suku bunga. Dow menghentikan penurunan beruntun enam minggu minggu lalu, naik 4,7%, kenaikan mingguan terbesar sejak November. S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik 4,4% dan 3,9% minggu lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Wall Street akan melanjutkan hasil positif pasca kesepakatan AS-Mexico.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here