BCA Terus Mencari Bank Untuk Diakuisisi

304

(Vibiznews – Banking & Insurance) – PT Bank Central Asia masih terus berlanjut merencanakan ekspansi, setelah mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. Perlu diketahui, sebelumnya BCA resmi mengumumkan nama bank yang akan diakuisisi. Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 16 April 2019 BCA bersama dengan anak usahanya BCA Finance membeli seluruh saham Bank Royal dari PT Royalindo Investa Wijaya, Leslie Soemadi, Ibrahim Soemadi, Nevin Soemadi dan Ko Sugiarto.

Berdasarkan perjanjian, BCA dan BCA Finance akan membeli sebanyak 2,87 juta saham Bank Royal yang mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor oleh para pemegang saham Bank Royal.

Setelah Bank Royal, Direktur BCA Santoso mengakui pihaknya merencanakan untuk membeli satu bank lagi untuk diakuisisi, namun masih merahasiakan ukuran bank yang hendak diakuisisi tersebut.

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana mengatakan “BCA masih mengkaji-kaji bank mana lagi yang mau diakuisisi. Jadi belum masuk ke tahap mengajukan izin ke OJK,” ungkapnya.

Regulator sendiri terus mendorong perbankan di tanah air melakukan konsolidasi. OJK mengharapkan sejumlah bank besar yang akan mengakuisisi bank kecil semakin banyak. Melalui konsolidasi ini bank mempunyai peran yang signifikan dalam mendorong pembangunan ekonomi dan pertumbuhan kredit.

 

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here