Bursa Eropa Masih Mampu Cetak Untung Ditengah Buruknya Sentimen

263

(Vibiznews – Index) –  Saham-saham di bursa Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Selasa (11/06) setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa tarif langsung akan dikenakan lebih lanjut pada $300 miliar barang China jika Presiden Xi Jinping tidak menghadiri pertemuan G-20 bulan ini.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,5% dengan saham sektor sumber daya dasar melonjak 2% dan saham autos juga naik 1,6%. Indeks DAX Jerman terpantau menguat 0,73 persen, indeks CAC 40 bergerak naik 0,71 persen dan indeks FTSE menguat 0,46 persen.

Namun terdapat saham yang tertekan di sektor utilitas yang turun 0,4% di transaksi awal. Salah satu sahamnya dengan merek fashion mewah Inggris Ted Baker anjlok lebih dari 25%  setelah perusahaan menyampaikan prihatin pada pada laba tahun 2019 oleh awal yang  sangat sulit  untuk tahun ini.

Presiden Trump diatur untuk bertemu dengan Presiden Xi Jin Ping di KTT G-20, yang dijadwalkan 28-29 Juni di Osaka, Jepang. Para pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa diharapkan hadir di tengah ketegangan perdagangan mendekati titik didih di seluruh dunia.

Berita di Eropa, perlombaan untuk menggantikan Perdana Menteri Theresa May telah dimulai, dengan sepuluh kandidat dalam pencalonan untuk posisi kepemimpinan Partai Konservatif yang dikosongkan.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Italia Luigi Di Maio mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintah harus memberlakukan upah minimum 9 euro per jam untuk membantu pekerja yang dibayar rendah, dan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengatakan kepada presiden negara itu pada hari Senin bahwa pemilihan cepat harus diadakan untuk mencegah masa ketidakpastian politik yang berkepanjangan.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa hari Senin lebih tinggi karena ketegangan perdagangan mereda dan data ekspor China melampaui perkiraan. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik tipis 0,2 persen. Indeks CAC 40 Prancis naik 0,3 persen dan FTSE 100  menguat 0,6 persen sementara pasar Jerman ditutup untuk liburan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here