Bursa Wall Street Berawal Positif; Dow Jones Menuju Kenaikan Ketujuh Berturut

832

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS dibuka naik pada Selasa (11/06) terdukung kesepakatan antara Meksiko dan AS untuk menghindari tarif dan harapan suku bunga yang lebih rendah dari Federal Reserve mengangkat sentimen investor.

Indeks Dow Jones Industrial Average diperdagangkan 66 poin lebih tinggi, sementara indeks S&P 500 naik 0,5% dan indeks Nasdaq naik 0,6%.

Dow Jones bersiap untuk mencatat kenaikan ketujuh berturut-turut. Itu akan menandai kemenangan beruntun indeks 30 saham terpanjang sejak Mei 2018, ketika naik selama delapan hari berturut-turut. Sementara itu, S&P 500 berada dalam 2% di bawah rekor tertinggi sepanjang masa di bulan April.

Saham Facebook melonjak lebih dari 2%, sementara saham Amazon, Apple, Netflix dan Alphabet semuanya naik lebih dari 1%. Saham Ford Motor dan General Motors keduanya naik 1,2%.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa pungutan 5% semua impor Meksiko ke AS akan ditangguhkan tanpa batas waktu. Dia menambahkan dia memiliki kepercayaan penuh pada kemampuan Meksiko untuk menindak imigrasi dari Amerika Tengah.

Saham global naik setelah kantor berita China Xinhua mengatakan negara itu akan membiarkan pemerintah daerah menggunakan obligasi untuk membiayai proyek infrastruktur. Indeks Shanghai melonjak 2,6% semalam, sedangkan indeks Stoxx 600 di Eropa naik 1%.

Wall Street juga mendapat dorongan dari meningkatnya ekspektasi suku bunga yang lebih rendah dari The Fed.

Ekspektasi pasar untuk harga yang lebih rendah pada bulan Juli mencapai sekitar 78%, menurut alat FedWatch CME Group. Investor juga menilai kemungkinan 97,1% dari tingkat yang lebih rendah pada Desember, menurut FedWatch.

Prakiraan ini telah meningkat di tengah melemahnya data ekonomi A.S. Pertumbuhan pekerjaan bulanan melambat menjadi 75.000 di bulan Mei, kehilangan estimasi 180.000. Sementara itu, aktivitas manufaktur di AS tumbuh pada laju paling lambat sejak 2016.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi naik dengan dukungan sentimen positif kesepakatan dagang AS-Mexico dan harapan penurunan suku bunga The Fed. Namun jika ketegangan AS-China meningkat lagi, akan menekan pergerakan bursa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here