Rally 3 Hari Bursa Eropa Dihentikan Sikap Perang AS-China

271

(Vibiznews – Index) –  Bursa saham Eropa perdagangan hari Rabu (12/06) dibuka dengan posisi yang lebih lemah dan bergerak negatif sangat signifikan setelah  AS dan China kembali bersikap keras dalam perang perdagangan yang sedang berlangsung. Tekanan bursa terjadi oleh profit taking setelah 3 hari berturut bergerak rally.

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,4% dengan saham sektor konstruksi dan  material memimpin kerugian indeks dengan penurunan 0,8%. Indeks DAX Jerman terpantau melemah 0,45 persen, indeks CAC 40 bergerak turun 0,57 persen dan indeks FTSE anjlok 0,54 persen.

Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa membela penggunaan tarif sebagai bagian dari strategi perdagangannya, sementara China bersumpah akan memberikan tanggapan keras jika Washington bersikeras untuk meningkatkan ketegangan perdagangan ditengah dua negara ekonomi terbesar di dunia itu berusaha menegosiasikan kesepakatan.

Saham penerbit Jerman Axel Springer melonjak 12,5% dalam kesepakatan awal setelah perusahaan ekuitas swasta AS KKR menawarkan untuk membeli pemegang saham minoritasnya. Berita lainnya  dari indeks blue chip Eropa, saham pengecer Belgia Colruyt turun 4,2% setelah Goldman Sachs menurunkan peringkat saham perusahaan di posisi  menjual.

Dari bursa Perancis, raksasa teknologi Prancis Dassault Systemes telah setuju untuk mengakuisisi Medidata Solutions dalam kesepakatan semua tunai senilai $ 5,8 miliar berdasarkan nilai perusahaan. Akibatnya saham Dassault turun 2,2% merespon berita tersebut.

Berita dari  Eropa, dilaporkan  wakil menteri keuangan zona euro mendukung pandangan Komisi Eropa untuk memberi  tindakan disipliner  terhadap Italia atas meningkatnya utang negara mereka. Sementara itu di Inggris, anggota parlemen senior Nicky Morgan, ketua Treasury Select Committee, meminta informasi dari pialang saham berpengaruh Inggris Hargreaves Lansdown tentang kaitannya dengan dana Penghasilan Ekuitas Woodford, yang ditangguhkan pekan lalu di tengah serangkaian panggilan saham yang buruk dan penarikan investor.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa sebelumnya naik untuk sesi ketiga berturut-turut  setelah pemerintah Cina mendukung penerbitan obligasi tujuan khusus oleh pemerintah daerah dalam upaya untuk memacu pertumbuhan. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,7 persen dengan indeks  DAX Jerman naik 0,9 persen, indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen dan FTSE 100 menguat 0,3 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here