2 Peristiwa Yang Buat Keuntungan Bursa Eropa Kembali

447

(Vibiznews – Index) –  Bursa saham Eropa perdagangan hari Kamis  (13/06) bangkit dari pelemahan perdagangan sebelumnya yang terangkat oleh saham sektor telekomunikasi dan juga saham minyak.  Peristiwa yang mempengaruhi pergerakan saham tersebut yaitu lelang 5G di Jerman dan ledakan tanker minyak di kawasan Teluk.

Indeks Pan-European Stoxx 600 pulih dari penurunan yang bangkit 0,3%  dengan saham telekomunikasi memimpin kenaikan dengan kenaikan 0,7% setelah lelang 5G Jerman, sementara stok minyak dan gas juga naik 0,6%. Indeks DAX Jerman terpantau menguat 0,54 persen, indeks CAC 40 bergerak naik 0,10 persen dan indeks FTSE kuat 0,27 persen.

Jerman telah mengumpulkan 6,55 miliar euro ($ 7,4 miliar) dalam lelang spektrum untuk layanan seluler 5G, Federal Network Regulator (BNetzA) mengatakan setelah kontes yang berlangsung hampir tiga bulan yang akan angkat operator keempat memasuki pasar.

Operator keempat itu adalah perusahaan penyedia telekomunikasi Jerman 1&1 Drillisch, yang membuat harga sahamnya naik 10%  karena investor bereaksi terhadap berita tersebut. Saham United Internet, perusahaan induk 1&1 Drillisch, juga naik 8,4%.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, produsen tembaga Inggris Aurubis anjlok 11,2% dalam perdagangan awal setelah CEOnya diberhentikan di tengah meningkatnya biaya proyek.

Kemudian kenaikan saham-saham minyak di Eropa dikejutkan oleh berita ledakan tanker minyak di kawasan Teluk yang membuat harga minyak mentah melonjak sangat signifikan setelah sebelumnya di posisi yang lemah.

 

Berita dari daratan Eropa, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana untuk mengurangi tunjangan pengangguran bagi mereka yang berpenghasilan tinggi dan menawarkan insentif bagi mereka yang bekerja di luar usia pensiun normal, dua komponen utama dari upaya reformasi yang dihasilkan dari protes “rompi kuning” berbulan-bulan.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa sebelumnya anjlok  karena Presiden ECB Mario Draghi dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memperingatkan tentang perselisihan perdagangan global. Investor juga bereaksi terhadap berita bahwa Uni Eropa lebih dekat untuk mengambil tindakan disipliner atas meningkatnya utang Italia. Indeks Pan European Stoxx 600 turun 0,3 persen dengan indeks DAX Jerman turun 0,3 persen, FTSE 100  melemah 0,4 persen dan indeks CAC 40 Prancis turun 0,6 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here