EUR/USD Diperdagangkan Turun Setelah Rilis Data Inflasi AS

141

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan dibawah 1.1300 turun dari ketinggiannya. CPI inti AS muncul di 2.0%, lebih lemah daripada yang diproyeksikan 2.1%.  Angka lainnya meleset juga. Data ini akan menjadi masukan terhadap keputusan the Fed.

Pasangan matauang EUR/USD berbalik dari ketinggian pada awal Juni yang membukukan angka diketinggian 1.1341 tiga kali berturut-turut, dengan pasar bergegas keluar dari “greenback” sekali lagi, setelah muncul berita dari Cina. PboC mengejutkan para pemain spekulatif dengan menetapkan “reference rate” bagi Yuan yang lebih tinggi daripada yang diantisipasikan oleh pasar, yang merupakan langkah lainnya yang diambil sehubungan dengan perang dagang antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Pasar saham Asia turun, terlebih lagi dengan Wall Street ditutup di dalam warna merah, sementara saham-saham Eropa memangkas keuntungan awalnya dan juga turun.

Presiden ECB, Draghi memberikan pernyataannya pada pembukaan konferensi bank sentral dari negara-negara Eropa Timur, Tengah dan Tenggara dan memperingatkan mengenai badai yang sedang dihadapi oleh perdagangan global pada tahun-tahun belakangan ini, memperparah sentimen yang suram dan juga membebani matauang bersama Eropa, yang turun dari ketinggian sebelumnya.

Kalender makro ekonomi Eropa tidak ada berita yang relevan, sementara AS merilis data inflasi dari Consumer Price Index (CPI). Menurut laporan resmi, inflasi AS hanya naik 0.1% MoM pada bulan Mei dan 1.8% YoY, sementara angka inti tahunan muncul pada 3.0%, semuanya sedikit dibawah daripada yang diperkirakan pasar.

Secara tehnikal, penurunan pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1289 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1265 dan akhirnya 1.1220. Sebaliknya kenaikan pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1350 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1385 dan akhirnya 1.1420.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here