Keuntungan Yang Besar Bagi Emas Dengan Tergelincirnya Pasar Saham Dunia

173

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik secara moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin. Pada pertengahan minggu meningkat keengganan terhadap resiko diantara para trader dan investor, sebagaimana yang dibuktikan oleh turunnya pasar saham dunia kemarin.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $8.10 per ons pada $1,339.20. Perak Comex bulan Juli terakhir naik $0.07 pada $14.81 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa kebanyakan turun semalam. Indeks saham AS juga mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS pada pertengahan minggu telah mengakhiri rally yang mengesankan yang mengangkat harga naik dari kerendahan selama tiga bulan pada awal Juni.

Nampaknya pertumbuhan ekonomi global dan keprihatinan terhadap perang dagang dunia lebih banyak mempengaruhi pikiran para trader dan investor pada pertengahan minggi, membuat mereka ada di dalam minat untuk membeli metal “safe-haven” dan menjual saham.

Data ekonomi yang dirilis pada hari kemarin adalah laporan Consumer Price Index (CPI) untuk bulan Mei, yang muncul naik hanya 0.1%, turun dari bulan April, sebagaimana yang telah diperkirakan pasar. CPI naik 0.3% pada bulan lalu.  Level inflasi yang sangat rendah yang mendunia membuat bank sentral memberikan kelonggaran terhadap kebijakan moneter mereka.

Hal kunci diluar pasar kemarin adalah harga minyak mentah yang turun secara solid dan diperdagangkan pas dibawah $52.00 per barel, karena kekuatiran pertumbuhan dunia. Indeks dolar AS mendekati stabil namun dalam tren turun secara jangka pendek.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,352.70 setelah melewati $1,342.30 dan $1,350.00. Sementara itu obyektif  penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid pada $1,300.00 setelah melewati $1,329.80 dan $1,323.60.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here