Bursa Eropa Lebih Positif Merespon Rencana Pertemuan Trump-Xi Jinping

1444

(Vibiznews – Index) Pasar Eropa bergerak lebih tinggi pada Jumat (28/06) dengan investor menantikan perkembangan KTT G-20 di Osaka, Jepang, di mana Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan bertemu di tengah perang perdagangan yang sedang berlangsung.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3% lebih tinggi selama sesi awal, saham perjalanan dan liburan dan saham teknologi naik lebih dari 1% sementara minyak dan gas adalah satu-satunya sektor yang diperdagangkan di zona merah, turun 0,5%.

Indeks FTSE Inggris naik 0,2%, indeks DAX Jerman menguat 0,49%, sedangkan indeks CAC Perancis meningkat 0,32%

Dua negara ekonomi terbesar di dunia telah mempertahankan sikap tegas memasuki akhir pekan, dengan Departemen Perdagangan China menyerukan Washington untuk membatalkan tekanan dan langkah-langkah sanksi pada Huawei dan perusahaan China lainnya, sementara Trump menegaskan kembali ancaman untuk mengenakan tarif pada semua impor China jika pembicaraan gagal.

Trump juga mengatakan Kamis bahwa ia berencana untuk berbicara perdagangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ketika mereka bertemu di sela-sela pertemuan puncak, dengan Washington mendorong untuk memotong defisit perdagangan besar.

Saham Asia merosot pada Jumat sore, dipimpin oleh pasar China daratan dengan indeks Shenzhen merosot 1,148%.

Di Eropa, Deutsche Bank pada hari Kamis melewati pemeriksaan kesehatan tahunan oleh Federal Reserve A.S., yang menekankan menguji kemampuan bank untuk menghadapi penurunan ekonomi yang besar. Saham Deutsche naik 3,9% karena investor bereaksi terhadap berita.

Namun Credit Suisse, saat ini tunduk pada kondisi dalam operasi A.S. setelah bank sentral menemukan kelemahan dalam proses perencanaan modalnya.

Di Inggris, Merlin Entertainments mengatakan pada hari Jumat pihaknya telah setuju untuk diakuisisi oleh kendaraan investasi keluarga pendiri Lego dan perusahaan ekuitas swasta Blackstone Group LP. Merlin, yang mengoperasikan pameran lilin-lilin Madame Tussauds di seluruh dunia, menyaksikan kenaikan harga sahamnya sebesar 14% selama sesi pagi.

Sementara itu raksasa pertambangan Inggris-Swiss Glencore berada di bawah sorotan karena sedikitnya 41 penambang di Republik Demokratik Kongo timur tewas pada hari Kamis, ketika sebuah tambang tembaga dan kobalt milik perusahaan runtuh, menurut gubernur provinsi Lualaba. Saham perusahaan tampaknya mengabaikan berita pada hari Jumat, diperdagangkan 1,7% lebih tinggi pada awal perdagangan.

Saham Porsche jatuh ke dasar indeks blue chip Eropa, merosot 2,6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan bursa Eropa akan mencermati perkembangan dan sentimen yang terkait pembicaraan perdagangan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here