EUR/USD Turun Dari Ketinggiannya Dengan Inflasi Inti AS Mengatasi Yang Diperkirakan

218

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan diatas 1.1250 namun turun dari ketinggiannya setelah CPI inti AS mengatasi yang diperkirakan dengan angka 2.1%. Gubernur Fed Powell membuka pintu terhadap pemotongan suku bunga AS. Sementara risalah ECB menunjukkan kebutuhan untuk menyiapkan kebijakan yang lebih longgar.

Pasangan matauang EUR/USD telah mencapai 1.1280 semalam, didukung oleh melemahnya dolar AS secara persisten setelah testimoni dari Gubernur Fed Powell mengenai kebijakan moneter dihadapan komisi khusus dari Kongres. Pasangan matauang ini berkonsolidasi pada posisi yang lebih tinggi selama hampir semua sesi Eropa, mencapai puncaknya ke ketinggian harian yang baru menjelang rilis data AS, dengan minat spekulatif terus memperhitungkan dalam harga pelonggaran yang lebih tajam di AS sebelum tahun ini berakhir.

Matauang bersama Eropa tetap kuat meskipun risalah pertemuan ECB menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan Uni Eropa siap untuk membuat kelonggaran lebih jauh sebagaimana yang diperlukan, menggunakan semua peralatan yang tersedia, termasuk pemangkasan tingkat bunga. Berita ini tidak mengejutkan pasar dengan tambahan pelonggaran di Uni Eropa telah diperhitungkan dalam harga. Jerman merilis versi final dari inflasi bulan Juni, yang muncul sedikit lebih baik daripada yang diperkirakan sebelumnya, naik 0.3%.

Pada hari Kamis, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa Consumer Price Index AS naik 0.1% pada bulan Juni, setelah kenaikan sejumlah yang sama pada bulan Mei. Data yang keluar mengatasi ekspektasi; perkiraan konsensus memandang angkanya tidak berubah. Untuk satu tahun, inflasi umum meningkat 1.6% kata laporan tersebut. Dengan menghilangkan harga energy dan makanan yang volatile, inflasi inti mengatasi ekspektasi, meningkat 0.3% pada bulan lalu, setelah kenaikan pada bulan Mei sebesar 0.1%. Ini adalah pertama kalinya di dalam 5 bulan CPI inti telah meningkat diatas 0.1%. Para ekonom hanya memperkirakan kenaikan 0.2%. Inflasi inti tahunan meningkat 2.1% pada bulan Juni, naik dari bulan Mei 2.0%.

Penurunan pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” awal di 1.1230 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1195 dan kemudian 1.1150. Sebaliknya apabila berbalik naik maka akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.1300 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1340 dan kemudian 1.1385.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here