Emas Bergerak Naik, Trader Membeli Dari Kerendahan

334

(Vibiznews-Commodity) Harga emas pada pertengahan hari Jumat bergerak keatas dari posisi sebelumnya level yang stabil dan cenderung melemah yang terlihat tepat setelah dibukanya sesi berjangka AS. Para trader yang “bullish” melangkah masuk untuk membeli dari bawah, ditengah tren naik yang berlangsung pada grafik harian.

Emas berjangka terakhir naik $4.40 per ons pada $1,1411.20.

Sebelumnya konsumen AS melihat harga emas turun dengan data ekonomi AS menyoroti kenaikan di dalam inflasi produsen. Hari Jumat, departemen tenaga kerja AS mengatakan Producer Price Index (PPI) naik 0.1% pada bulan Juni, setelah kenaikan bulan Mei sebesar 0.1% juga. Data yang keluar ini sesuai dengan yang diperkirakan.

Pada saat yang bersamaan PPI inti, yang mengeluarkan biaya energy dan makanan yang volatil, meningkat 0.3% pada bulan Juni yang lalu, setelah kenaikan bulan Mei sebanyak 0.2%. Sementara para ekonom memperkirakan kenaikan inflasi secara grosir sebanyak 0.2%.

Data yang keluar ini menciptakan sedikit tekanan jual pada harga emas dengan harga terus bertahan diatas $1,400 per ons, pada $1,406.10.

Para ekonom menaruh perhatian yang seksama terhadap harga produser karena menjadi indikator terdepan untuk harga konsumen. Perusahaan mengoper kenaikan biaya dibebankan kepada para pelanggan.

Sebagian analis mencatat bahwa data inflasi yang terbaru hanya akan sedikit mempengaruhi harga emas dengan pasar terus memperkirakan Federal Reserve untuk memangkas tingkat bunga pada akhir bulan ini. Para ekonom mencatat bahwa kenaikan inflasi tidak akan banyak menghantui bank sentral AS karena sudah rendah selama periode yang berkepanjangan.

Secara tehnikal, kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” awal pada $1.419.9 yang apabila berhasil dilalui akan lanjut ke $1.436.2 dan kemudian $1.445.35. Sedangkan penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” awal pada $1,394.4 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,385.3 dan kemudian $1.369.0.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here