Harga Minyak Positif Menuju Kenaikan Mingguan

1168

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Jumat (26/07) dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan terpicu ketegangan geopolitik atas Iran, meskipun prospek pertumbuhan ekonomi global lesu di tengah perang perdagangan AS-China membatasi kenaikan.

Harga minyak mentah berjangka WTI naik 44 sen lebih tinggi pada $ 56,46 per barel, kenaikan mingguan 1,3%. WTI turun 7,5% minggu lalu.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 36 sen menjadi $ 63,75 per barel, dengan kenaikan mingguan sebesar 2%. Brent turun 6% minggu lalu.

Ketegangan tetap tinggi di sekitar Selat Hormuz, jalur minyak paling penting di dunia, karena Iran menolak untuk melepaskan kapal tanker berbendera Inggris yang disita pekan lalu di Teluk.

Denmark pada Kamis menyambut proposal pemerintah Inggris untuk misi angkatan laut yang dipimpin Eropa untuk memastikan pengiriman yang aman melalui selat dan akan mempertimbangkan kontribusi maritim militer.

Amerika Serikat secara terpisah bekerja pada inisiatif keamanan maritim multinasional di Teluk.

Harga juga mendapat dukungan dari penarikan persediaan minyak mentah di Amerika Serikat, tetapi kenaikan terbatas karena penurunan tampaknya telah diantisipasi. Produksi A.S. di Teluk Meksiko masih merasakan efek dari Badai Barry.

Perlambatan dalam manufaktur dan perdagangan global, dan yang terkait dengan konsumsi minyak, sebagian besar berasal dari perang perdagangan AS-China yang telah berkecamuk selama setahun terakhir.

Pembicaraan perdagangan antara kedua negara macet di bulan Mei setelah hampir mencapai kesepakatan. Minggu depan, perunding AS dan Tiongkok teratas bertemu untuk pertama kalinya sejak itu. Setiap hasil positif dari pertemuan tersebut diharapkan dapat mendorong harga minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan ketegangan di Timur Tengah. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 57,00-$ 57,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 56,00-$ 55,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here