Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Q2 Berkurang Setengahnya

419

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi zona Eropa berkurang setengahnya pada periode April-Juni dan inflasi melambat tajam pada Juli meskipun tingkat pengangguran turun ke level terendah dalam 11 tahun, demikian data dari kantor statistik Uni Eropa pada hari Rabu (31/07).

Estimasi awal Eurostat tentang pertumbuhan produk domestik bruto di 19 negara menunjukkan ekonomi berkembang 0,2 persen kuartal-ke-kuartal, turun dari 0,4% dalam tiga bulan sebelumnya, seperti yang diperkirakan oleh para ekonom.

Dengan demikian pertumbuhan di kawasan Eropa kembali ke tingkat lemah yang terlihat pada kuartal ketiga dan keempat tahun lalu.

Tahun ke tahun, pertumbuhan PDB zona Eropa adalah 1,1%, melambat dari 1,2% pada periode Januari-Maret.

Pertumbuhan yang lebih lambat tercermin dalam perlambatan pertumbuhan harga konsumen – perkiraan cepat Eurostat menunjukkan inflasi tahun ke tahun di bulan Juli adalah 1,1%, turun dari 1,3% di bulan Juni, seperti yang diperkirakan oleh para ekonom.

Tingkat inflasi utama adalah pembacaan terendah dalam 17 bulan.

Tingkat inflasi yang melambat kemungkinan akan semakin memperkuat ekspektasi pasar bahwa Bank Sentral Eropa, yang ingin mempertahankan inflasi di bawah, tetapi mendekati 2%, akan lebih melonggarkan kebijakan moneter pada bulan September.

Inflasi inti, yang menghapus komponen volatile dari makanan dan energi yang tidak diolah dan yang diperhatikan ECB dalam keputusan kebijakan, juga turun menjadi 1,1% pada Juli dari 1,3% pada Juni.

Ukuran yang lebih sempit tidak termasuk harga alkohol dan tembakau yang dilihat oleh banyak ekonom pasar turun menjadi 0,9% dari 1,1%.

Perlambatan pertumbuhan harga terjadi meskipun pengangguran di zona Eropa mencapai level terendah 11-tahun 7,5% dari tenaga kerja pada bulan Juni, data Eurostat menunjukkan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here