EUR/USD Stabil Disekitar 1.1100 Dengan Trump Menunda Tarif

315

(Vibiznews-Forex) Matauang Amerika tetap lemah dengan Wall Street melanjutkan kejatuhannya, meskipun Presiden AS Trump berkata bahwa dia kemungkinan akan menunda atau menghentikan tarif yang diumumkan yang terbaru atas Cina. Sementara Nonfarm Payroll hanya menambahkan sedikit berita terhadap apa yang pasar sudah tahu.

Suatu minggu yang sibuk telah menjadi makin sibuk – dan para trader dapat menunjukkan jarinya kepada Presiden AS Donald Trump untuk itu. Gedung Putih telah menggoncang pasar dengan mengumumkan 10% tarif atas sekitar $300 miliar dari barang-barang Cina – sisa satu-satunya yang sejauh ini telah dibiarkan tanpa kena pajak.

Keputusan yang mengejutkan ini telah memicu aksi jual di pasar saham dan membuat imbal hasil obligasi AS turun – dengan demikian membebani “greenback” atas sebagian matauang lainnya. EUR/USD timbul dari kerendahan 2019 sebelumnya di 1.1101.

Gambaran ini bisa berubah jika pasar saham memperpanjang kejatuhannya. Dolar AS adalah matauang “safe-haven” yang bisa menarik permintaan. Yen Jepang – matauang yang dicari pada waktu kesulitan – juga mengalami keuntungan. “Greenback” kemungkinan berikutnya, mengakibatkan tekanan atas EUR/USD.

Menurut laporan, Trump dan penasehat kabinet seniornya telah mengambil keputusan setelah delegasi perdagangan AS kembali dari pembicaraan tatap muka yang pertama dengan mitra Cinanya di Beijing. Presiden mengatakan bahwa negosiasi tidak bergerak dengan cukup cepat dan bahwa Presiden Cina Xi Jinping telah melanggar janjinya untuk membeli barang-barang agrikultur AS.

Namun, sebagian trader melihat waktu dari keputusan – satu hari setelah the Fed memberikan signal kemungkinan tidak akan ada pemangkasan tingkat bunga lebih lanjut – sebagai jauh dari kebetulan. Gubernur Fed Jerome Powell telah menggunakan perkataan perdagangan sebanyak 26 kali di dalam konferensi pers setelah keputusannya. Ketegangan mengenai perdagangan global dan inflasi yang rendah adalah alasan dari pergerakan, sementara angka ekonomi domestik yang baik telah membatasi ruang lingkup untuk tindakan selanjutnya.

Kecurigaannya adalah bahwa Trump akan memaksa the Fed untuk melakukan lebih banyak pemangkasan bunga. Setelah pengumuman pajak, pasar obligasi sekarang merefleksikan hampir pasti kemungkinan untuk pemangkasan tingkat bunga di dalam pertemuan Fed yang akan datang pada pertengahan bulan September.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.1035 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0963 dan kemudian 1.0828. Sedangkan “resistance” awal menunggu di 1.1170 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1234 dan kemudian 1.1369.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here