Emas Turun Karena Berita AS-Cina Yang Bagus

219

(Vibiznews- Commodity) Harga emas dan perak membukukan kerugian pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin, karena sebagian aksi ambil untung dan karena berita yang positip mengenai perdagangan AS dengan Cina yang membuat rally pasar saham AS.

Emas dengan cepat bangkit dari kerendahan sesi sebelumnya yang diakibatkan munculnya laporan baru mengenai rencana AS untuk menunda mengenakan tarif tambahan yang baru atas barang-barang impor dari Cina. Harga emas hanya turun sedikit pada hari Selasa kemarin, setelah menyentuh ketinggian enam tahun.

Pejabat perdagangan AS mengatakan bahwa beberapa dari tarif yang baru tidak akan berlaku efektif sampai pertengahan bulan Desember, menambahkan bahwa kedua belah pihak akan menyelesaikan negosiasi perdagangan di dalam beberapa minggu yang akan datang. Pasar membaca berita ini sebagai langkah yang positip, termasuk kemungkinan AS bermain mata dengan Cina.

Namun, setelah di refleksi lebih jauh pasar sekarang memandang ini sebagai suatu hal yang positip bagi negosiasi yang sedang berlangsung, namun kemungkinan bukanlah suatu terobosan atas permasalahan. Hal ini membuat harga emas dan perak naik dari kerendahan hariannya. Sementara indeks saham AS masih naik tajam karena berita tersebut dengan minat terhadap resiko telah dengan cepat muncul kembali di pasar. Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $14.50 per ons pada $1,502.80. Harga perak Comex bulan September terakhir turun $0.111 pada $16.965 per ons.

Harga perak dan emas juga mengalami “rebound” dari kerugian sebelumnya ketika laporan mengatakan bahwa polisi yang dikirim untuk mengatasi kericuhan di Hong Kong sedang berkonfrontasi dengan para demonstrator di lapangan terbang Hong Kong. Presiden Trump juga mengirim tweet pada pertengahan hari  kemarin bahwa Cina sedang menggerakkan pasukan mendekati perbatasan Hong Kong. Situasi memburuk, dengan banyak kuatir mengenai hasil yang sangat buruk.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan turun semalam, dengan keengganan terhadap resiko. Indeks saham AS naik dengan solid semalam. Ini menambahkan tekanan pada metal safe-haven.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,550.00 setelah melewati $1,522.70 dan kemudian $1,525.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,467.00 setelah melewati $1,500.00 dan kemudian $1.488.90.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here