Bursa Eropa Naik Tipis; Politik Italia Menjadi Perhatian

495

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak sedikit lebih tinggi pada Selasa (20/08) terdukung harapan untuk stimulus kebijakan moneter yang meredam kecemasan investor atas resesi yang akan datang.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik hanya 0,2% lebih tinggi, saham perawatan kesehatan naik 0,7% sementara utilitas memimpin penurunan dengan penurunan 0,7% saat sebagian besar sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0.47%. Indeks DAX datar. Indeks CAC naik 0.14%.

Gubernur bank sentral Finlandia Olli Rehn mengatakan pada hari Senin bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) bertekad untuk bertindak jika prospek inflasi jangka menengah terus meleset dari target di bawah tetapi mendekati 2%.

Ini mengikuti menteri keuangan Jerman yang mengindikasikan selama akhir pekan bahwa pemerintah siap untuk menggunakan stimulus fiskal untuk meningkatkan ekonominya yang sedang lemah.

Investor di Amerika Serikat akan memantau perkembangan perdagangan setelah AS memperpanjang penangguhan hukuman yang mengizinkan raksasa telekomunikasi China Huawei untuk membeli komponen dari perusahaan AS untuk memasok perusahaan yang ada selama 90 hari. Namun, Biro Industri dan Keamanan (BIS) Washington juga menambahkan 46 afiliasi Huawei ke dalam daftar hitamnya, sebuah langkah perusahaan teknologi yang disebut tidak adil dan bermotivasi politik.

Kembali di Eropa, politik Italia tetap menjadi fokus utama karena pemerintah menghadapi mosi tidak percaya setelah pemimpin partai Lega Matteo Salvini membuka koalisinya dengan Gerakan Lima Bintang (M5S) yang anti kemapanan.

Reuters melaporkan pada hari Senin bahwa oposisi Italia Partai Demokrat (PD) telah mengadakan pembicaraan awal baik dengan M5S mengenai prospek koalisi, mengutip sumber PD. Perdana Menteri Guiseppe Conte dijadwalkan untuk berbicara pada hari Selasa sore pukul 3 malam. CEST. Indeks FTSE MIB Italia tertinggal dari rekan-rekan pada hari Selasa pagi, diperdagangkan 0,4% lebih rendah.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan berada di Paris Selasa untuk bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron ketika ia mencari resolusi untuk kebuntuan Inggris saat ini dengan Uni Eropa atas Brexit.

Saham perhiasan Denmark Pandora naik 9,3% ke atas Stoxx 600 dalam kesepakatan awal setelah mengkonfirmasi proyeksi setahun penuh menyusul hasil kuartal kedua. Sementara itu peritel Perancis Casino naik 4,2% setelah mengumumkan pengejaran 2 miliar euro lebih lanjut ($ 2,22 miliar) dalam penjualan aset.

Perusahaan telekomunikasi terbesar Belgia, Proximus, turun 6,1% setelah Goldman Sachs memangkas sahamnya menjadi “jual.”

Layanan pos Inggris Royal Mail melihat sahamnya turun 4,4% setelah serikat pekerja menuduh perusahaan mengingkari perjanjian dengan pekerja yang mengakhiri mogok tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik terbantu sentimen positif harapan dukungan stimulus fiskal dari bank-bank sentral utama dunia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting                       

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here