Klaim Awal Pengangguran AS Turun Tajam

680

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang AS yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran turun tajam pekan lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja tetap kuat meskipun ada perlambatan manufaktur dan kekhawatiran resesi ekonomi.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara turun 12.000 ke 209.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 17 Agustus, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan pada hari Kamis (22/08).

Penurunan itu lebih tajam dari yang diperkirakan. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan klaim akan turun ke 216.000 dalam minggu terakhir.

Pergerakan rata-rata empat minggu dari klaim awal, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena hal itu menghilangkan volatilitas minggu-ke-minggu, naik tipis 500 menjadi 214.500 minggu lalu.

Ada beberapa tanda perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China meluas ke pasar tenaga kerja nasional, meskipun pertumbuhan pekerjaan manufaktur telah melambat tahun ini.

Sementara perekrutan telah mendingin, laju kenaikan pekerjaan tetap jauh di atas sekitar 100.000 yang dibutuhkan per bulan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Perang perdagangan telah memicu kekhawatiran di kalangan investor bahwa resesi membayangi ekonomi AS. Beberapa imbal hasil atas utang Treasury jangka pendek telah meningkat di atas imbal hasil jangka panjang, suatu perkembangan yang dipandang sebagai sinyal resesi klasik.

Kekhawatiran atas dampak dari ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing pada ekspansi ekonomi AS, mendorong Federal Reserve untuk memangkas suku bunga bulan lalu untuk pertama kalinya sejak 2008.

Pada saat yang sama, risalah untuk pertemuan kebijakan Fed bulan lalu yang dirilis pada hari Rabu menyarankan para pembuat kebijakan terbagi atas pemotongan dan tidak ingin memberikan kesan bahwa mereka sedang merencanakan pengurangan suku bunga lebih lanjut.

Laporan klaim Kamis juga menunjukkan jumlah orang yang menerima tunjangan setelah minggu pertama bantuan turun 54.000 menjadi 1,67 juta untuk pekan yang berakhir 10 Agustus. Rata-rata pergerakan empat minggu dari apa yang disebut klaim berkelanjutan turun 750 menjadi 1,70 juta.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here