Bursa Eropa Dominan Positif Merespon Rencana Pertemuan Dagang AS-China

465

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi pada Kamis (05/09) terdukung rencana perundingan perdagangan AS dan China awal Oktober dan meredanya ketegangan politik di Hong Kong.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% pada pertengahan pagi setelah sebelumnya mencapai tertinggi satu bulan, dengan sektor otomotif melonjak 2,3% untuk memimpin kenaikan di belakang ekspektasi dimulainya kembali negosiasi perdagangan AS-China. Perawatan kesehatan adalah sektor dengan kinerja terburuk, turun 0,6%.

Indeks FTSE turun 0.68%. Indeks DAX menguat 0.83%. Sedangkan indeks CAC naik 0.88%.

Kementerian Perdagangan China mengatakan pada hari Kamis bahwa negosiator perdagangan AS dan China mengadakan percakapan telepon di pagi hari dan setuju untuk bertemu pada awal Oktober untuk putaran negosiasi berikutnya. Dalam sebuah pernyataan kepada CNBC, juru bicara Perwakilan Perdagangan AS mengkonfirmasi percakapan telepon tersebut, tetapi tidak mengkonfirmasi pertemuan Oktober itu.

Saham China melonjak pada Kamis sore dengan semua indeks daratan naik lebih dari 1,5%, karena investor juga mengamati pasar Hong Kong menyusul lonjakan 4% Hang Seng pada hari Rabu.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Rabu malam gagal dalam upayanya untuk menyerukan pemilihan umum sekejap untuk 15 Oktober. Sebuah RUU yang diperkenalkan oleh partai-partai oposisi untuk menghalangi Johnson mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa tanpa kesepakatan pada 31 Oktober juga disahkan dan tidak akan naik ke House of Lords, majelis tinggi parlemen.

RUU itu sekarang diperkirakan akan melewati para Lords dan akan diajukan untuk naik kerajaan pada hari Jumat.

Italia juga mengakhiri turbulensi politik baru-baru ini setelah Perdana Menteri Giuseppe Conte meluncurkan kabinet barunya pada hari Rabu, menyatukan koalisi yang tidak mungkin antara anti-pembentukan Gerakan Bintang Lima (M5S) dan Partai Demokrat kiri (PD).

Sementara itu Financial Times melaporkan bahwa UBS sedang merencanakan pembenahan bank investasinya di tengah penurunan laba selama beberapa kuartal terakhir. Langkah ini dilakukan karena bank investasi mencatat awal terburuk mereka dalam setahun sejak 2006.

Dassault Aviation menduduki puncak Stoxx 600 selama perdagangan pagi, melonjak 8,2% setelah mengalahkan ekspektasi laba semester pertama.

Equinor naik 7,8% setelah pengumuman awal awal untuk ladang minyak Johan Sverdrup, diikuti oleh produsen mesin Prancis Safran, yang melonjak 6,5% setelah hasil kuat di babak pertama.

Saham Clydesdale Bank jatuh lebih dari 21% setelah membuat ketentuan lebih lanjut dari £ 300 – £ 450 juta biaya warisan untuk menyelesaikan klaim PPI.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan mencermati perkembangan perang dagang AS-China dan perkembangan Brexit, yang jika memunculkan sentimen negatif akan menekan bursa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here