Bursa Eropa Bergerak Naik Menjelang Keputusan The Fed AS

349

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Rabu (18/09) menjelang keputusan suku bunga AS yang diperkirakan akan turun.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik tipis sekitar 0,06%, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Saham minyak dan gas Eropa memimpin kenaikan, naik lebih dari 0,5%. Itu terjadi setelah Arab Saudi Selasa malam mengumumkan bahwa produksi minyak akan sepenuhnya pulih pada akhir bulan.

Fasilitas pemrosesan minyak terbesar OPEC Abqaiq dan ladang minyak di dekatnya diserang pada hari Sabtu, menghancurkan 5,7 juta barel produksi minyak mentah setiap hari atau lebih dari setengah dari produksi kerajaan.

Melihat saham individu, EDF Prancis melonjak menuju puncak benchmark Eropa. Perusahaan utilitas yang dikendalikan negara mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka tidak perlu menutup reaktor nuklirnya setelah penemuan masalah dengan pengelasan di generator uap mereka. Saham perusahaan naik lebih dari 3% di tengah berita.

Moncler Italia merosot ke bagian bawah indeks, dengan saham dari yang terdaftar di Milan turun hampir 5%. Itu terjadi setelah kepala eksekutif dari merek mewah memperingatkan kekisruhan yang sedang berlangsung di Hong Kong dapat berdampak pada bisnis tahun ini.

Di depan data, harga barang dan jasa yang dibayar oleh konsumen di Inggris naik pada tingkat tahunan 1,7% bulan lalu, setelah kenaikan 2,1% pada bulan Juli. Ini menandai tingkat ekspansi paling lambat sejak Desember 2016.

Sementara itu, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan pada hari Rabu bahwa Inggris berada di jalur untuk Brexit tanpa kesepakatan. Berbicara di hadapan anggota parlemen Uni Eropa di Strasbourg, Juncker mengatakan ide Westminster untuk menggantikan kebijakan backstop yang kontroversial gagal hanya enam minggu sebelum Inggris akan meninggalkan blok tersebut.

Fokus pasar sebagian besar kepada bank sentral AS, dengan pembuat kebijakan di Federal Reserve akan menyimpulkan pertemuan dua hari mereka nanti di sesi tersebut.

Pemotongan suku bunga seperempat poin dipandang sebagai hampir pasti, tetapi investor juga diperkirakan akan memonitor pernyataan bank sentral dan proyeksi ekonomi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati keputusan suku bunga Federal Reserves AS, yang jika terealisir turun dapat mengangkat bursa Eropa pada perdagangan selanjutnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here