Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 19 September 2019

359

(Vibiznews-Commodity) Harga emas jatuh karena keputusan Federal Reserve dimana tidak ada kepastian yang benar-benar akan pemangkasan tingkat bunga selanjutnya yang dipresentasikan. Namun, pintu telah terbuka yang membatasi potensi penurunan dari keputusan ini.

Analis dari ING Bank mengatakan,”Secara esensi, Federal Reserve telah memberikan pesan

yang membingungkan dari revisi perkiraan GDP meskipun prihatin mengenai pertumbuhan sementara mengabaikan kenaikan inflasi baru-baru ini. Terlebih lagi, tidak ada konsensus akan pemangkasan tingkat suku bunga lebih lanjut yang diperlukan.”

Harga emas turun dan jatuh dibawah $1,500.00 per ons setelah pertemuan FOMC. Metal berharga jatuh ditengah rally dari dolar AS. DXY menghapus kerugiannya dan sekarang naik 0.15% pada hari kemarin. Dolar AS juga bangkit terhadap matauang dari “emerging market”.

Federal Reserve memangkas tingkat sukubunga sebesar 25% untuk kedua kalinya berturut-turut, sebagaimana yang telah diperkirakan. Harga emas sekarang diperdagangkan disekitar $1,491.75 per ons.

Dengan harga emas masih bertahan dekat $1,500 per ons, meskipun terjadi penurunan setelah pertemuan FOMC, diperkirakan kelemahan data ekonomi pada akhirnya akan memberikan katalisator yang akan menaikkan kembali harga emas.

Secara tehnikal, kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” yang solid di $1,508.96 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,524.56 dan kemudian $1,553.01. Sedangkan apabila terus turun harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,480.51 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,467.66 dan kemudian $1,439.21.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here