Bursa Eropa Ditutup Naik Dikuatkan Optimisme Negosiasi Dagang AS-China

1228

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa berakhir lebih tinggi pada hari Jumat (27/09) terdukung optimisme perdagangan AS-China, meskipun kenaikan mungkin tetap dibatasi oleh meningkatnya ketidakpastian politik di Amerika Serikat.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik sekitar 0,42% selama perdagangan, dengan sumber daya dasar menambahkan 1,6% untuk memimpin kenaikan karena mayoritas sektor diperdagangkan di wilayah positif, sementara utilitas turun 0,4%.

Indeks FTSE 100 Inggris memimpin momentum kenaikan, mencapai level tertinggi sejak 2 Agustus di pagi hari, dengan poundsterling jatuh setelah anggota Komite Kebijakan Moneter Bank of England Michael Saunders mengatakan “cukup masuk akal” bahwa langkah bank sentral berikutnya adalah tingkat memotong.

Indeks cenderung bergerak terbalik terhadap GBP karena proporsi keuntungan FTSE 100 perusahaan dalam mata uang dolar. Sterling memangkas kerugian awalnya pada sesi sore untuk diperdagangkan flat di sekitar $ 1,2311 pada bel penutupan.

Fokus investor sebagian besar tertuju kepada perkembangan politik di A.S., setelah dikeluarkannya pengaduan terhadap Presiden AS Donald Trump.

Laporan yang diterbitkan pada hari Kamis, mengklaim pemimpin A.S. menyalahgunakan kantornya dengan meminta dukungan Ukraina untuk ikut campur dalam pemilihan AS 2020 dan bahwa pemerintahannya berusaha “mengunci” catatan percakapan antara Trump dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ini membuka penyelidikan pemakzulan terhadap presiden yang diumumkan oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi awal pekan ini.

Di depan perdagangan AS-China, para perunding di kedua belah pihak akan bertemu di Washington, D.C., pada 10 Oktober, tiga orang yang dekat dengan pembicaraan tersebut mengatakan kepada CNBC pada hari Kamis.

Data Eropa yang suram juga menjadi fokus pada Jumat, karena sentimen ekonomi zona Eropa datang pada yang terlemah sejak Februari 2015, turun dari 103,1 pada Agustus menjadi 101,7 pada September.

Kepercayaan konsumen di bulan September sedikit meningkat ke -6.5 dari -7.1 di bulan Agustus, sementara ukuran iklim bisnis turun ke -0.22 di bulan September dari +0.12 di bulan Agustus.

Kepercayaan pabrik di seluruh blok mencapai level terendah dalam enam tahun selama September, menurut survei kepercayaan industri Komisi Eropa, yang merosot ke -8,8 pada September dari -5,8 pada Agustus.

Dalam hal saham individu, perusahaan telekomunikasi Altice menduduki puncak Stoxx 600 dalam perdagangan sore, dengan saham naik 5,5% setelah perusahaan mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengurangi modal sahamnya dengan membatalkan 200 juta saham treasury.

Saham Osram Licht naik 5,3%, sementara pembangun rumah AS Persimmon naik 4,5% setelah Jefferies meningkatkan stok untuk “membeli” dari “tahan” di tengah pernyataan bahwa risiko Brexit terhadap bisnis telah dimainkan berlebihan.

Saham Philips membukukan penurunan 5,4%, tenggelam ke bagian bawah indeks blue chip Eropa, sementara perusahaan teknologi medis Swedia Getinge tergelincir hampir 4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropaa untuk selanjutnya akan bergerak mencermati perkembangan perdagangan AS-China dan perkembangan Brexit.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here