Bursa Eropa Waspada Mencermati Perkembangan Perang Dagang AS-China

338

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak haati-hati pada Senin (30/09), dengan fokus pada perkembangan perang perdagangan AS-China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik sekitar 0,1% pada awal perdagangan, dengan saham konstruksi dan bahan melonjak 1,1% sementara makanan dan minuman tergelincir 0,5%.

Indeks FTSE turun 0.21%. Indeks DAX naik tipis 0.03%. Indeks CAC naik tipis 0.08%.

Langkah-langkah dalam perdagangan awal datang setelah laporan menunjukkan Gedung Putih sedang mempertimbangkan taktik tekanan keuangan baru di Beijing, seperti menghapuskan saham China di AS dan membatasi investasi dana pensiun pemerintah di pasar China.

Analis mengatakan kepada CNBC bahwa pembatasan, yang pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada hari Jumat, dapat menjadi upaya oleh pemerintahan Presiden AS Donald Trump untuk mendapatkan keunggulan dalam pembicaraan perdagangan yang akan datang. Juru bicara departemen keuangan Monica Crowley kemudian mengatakan kepada Bloomberg pada hari Sabtu bahwa pemerintah tidak memiliki rencana untuk memaksakan pembatasan pada saat ini.

Pejabat perdagangan tingkat tinggi dari AS dan China diperkirakan akan mengadakan putaran baru pembicaraan awal bulan depan.

Dua negara ekonomi terbesar di dunia telah memberlakukan tarif barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.

Kembali ke Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada hari Minggu bahwa ia tidak akan mundur bahkan jika ia gagal mendapatkan kesepakatan untuk meninggalkan Uni Eropa. Dia juga menegaskan bahwa hanya pemerintah Konservatif yang berkuasa yang dapat memberikan Brexit pada 31 Oktober.

Di depan data, tingkat pengangguran zona Eropa turun ke level terendah dalam lebih dari 11 tahun selama Agustus, meningkatkan harapan bahwa blok dapat menghindari resesi. Badan statistik UE mengatakan pada hari Senin bahwa tingkat pengangguran turun menjadi 7,4% dari 7,5% pada Juli, mencapai level terendah sejak Mei 2008.

Perkiraan akhir PDB kuartal kedua Inggris (produk domestik bruto) menunjukkan ekonomi Inggris mengalami kontraksi 0,2%.

Saham Orphan Biovitrum Swedia naik 3,2% ke atas Stoxx 600 selama perdagangan pagi setelah pengumuman akuisisi Dova Pharmaceuticals.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, saham pemasok suku cadang otomotif Jerman Hella turun 6,2%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan mencermati perkembangan perang dagang AS-China dan pergerakan bursa Wall Street malam ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here