Rekomendasi Pergerakan Harga Emas Hari Ini

611

(Vibiznews-Commodity) Emas terus diperdagangkan turun, menembus dibawah $1,500.00 per ons. Saat ini harga emas diperdagangkan di sekitar area $1,492.00. Suatu batas level kunci yang mana emas berjangka harus pertahankan secara tehnikal untuk tetap berada pada posisi tren naik.

Salah satu faktor utama yang telah memberikan tekanan yang solid terhadap harga emas sekarang ini adalah dolar AS. Walaupun dolar AS diperdagangkan pada dasarnya tidak berubah di 98.755, indeks yang mengukur pergerakan USD ini telah mendapatkan keuntungan sepanjang minggu ini. Sementara emas telah diperdagangkan dibawah tekanan selama empat dari lima minggu yang lalu. Selama tiga minggu berturut-turut harga emas telah mengetes kerendahan dibawah $1,500.00, dengan kerendahan kira-kira di $1,492.00 dan pulih kembali dan ditutup diatas $1,500.00 per ons setiap minggunya.

Bahkan dengan event fundamental pada minggu lalu mengenai pembicaraan Presiden Trump dengan Presiden dari Ukraina dimana dilaporkan bahwa dia berusaha menekan untuk menginvestigasi anak laki-laki dari Joe Biden. Event ini yang membawa kepada Nanci Pelosi meluncurkan permintaan “impeachment” pada hari Selasa minggu lalu. Namun departemen ‘justice” AS merilis dokumen yang menyimpulkan bahwa Trump tidak melanggar undang-undang keuangan kampanye, mengangkat tekanan terhadap persoalan ini. Meskipun kemungkinan menurunkan presiden Donald Trump adalah kecil, ketidakpastian politik membebani pasar dan sentimen perdagangan sehingga mendorong dolar yang “safe – haven” naik.

Menurut MarketWatch, “Metal berharga yang biasanya secara tradisional “safe-haven”, sekarang telah kehilangan pijakannya mesikpun ada babak baru dari drama politik AS.”

Secara tehnikal emas tertopang agak baik mengingat saat ini emas sedang berada pada periode koreksi setelah menyelesaikan rally yang kuat kira-kira $300. Rally dari emas dimulai pada bulan Mei tahun ini dengan semula harga emas bertengger disekitar $1,270.00 dan menyentuh ketinggian $1,565.00 pada akhir bulan Agustus. Penurunan harga emas belakangan ini telah mengakibatkan harga emas melepaskan kembali keuntungannya sekitar 23% dari keuntungan yang telah diraihnya, dengan kebanyakan para analis memandang koreksi ini hanyalah cetek.

Kecondongan turun dari harga emas akan berhadapan dengan “support” awal di $1,470.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,462.00 dan kemudian  $1,452.93. Sedangkan pergerakan naik harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,500.00 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,535 dan kemudian $1,590.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here