Bursa Eropa Dominan Lemah Menjelang Pertemuan Dagang AS-China

438

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar lemah pada Kamis (10/10), menjelang pembicaraan perdagangan tingkat tinggi antara AS dan China dengan latar belakang ketegangan geopolitik.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,1%, dengan sumber daya dasar naik 0,4% untuk memimpin kenaikan sementara saham perawatan kesehatan turun 1,1%.

Indeks FTSE melemah 0.05%. Indeks DAX naik 0.16%. Indeks CAC naik 0.33%.

Negosiasi perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia akan dimulai kembali di Washington pada hari Kamis, dengan Gedung Putih membantah laporan dari South China Morning Post (SCMP) bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He bermaksud untuk pergi setelah hari pertama pertemuan tingkat menteri. CNBC melaporkan, mengutip seorang pejabat Gedung Putih, bahwa Liu masih dijadwalkan untuk pergi pada Jumat malam.

SCMP juga melaporkan bahwa tidak ada kemajuan yang dicapai antara delegasi tingkat wakil dari Washington dan Beijing pada hari Senin dan Selasa, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya dengan pengetahuan tentang pertemuan tersebut.

Ada laporan pada hari Rabu bahwa China sedang mempertimbangkan kesepakatan parsial, tetapi pejabat Gedung Putih mengatakan kepada CNBC bahwa Presiden Trump belum memutuskan apakah akan ada terobosan.

Trump juga menghadapi serangan balasan domestik dari sesama Republikan mengenai keputusannya untuk menarik pasukan AS dari Suriah, sebuah langkah yang memungkinkan Turki untuk menyerang milisi Kurdi yang sebelumnya bersekutu dengan AS di Suriah timur laut.

Kembali ke Eropa, pertemuan antara negosiator Brexit Inggris dan Uni Eropa telah ditunda hingga Jumat, Reuters melaporkan, setelah Uni Eropa mengatakan kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bahwa konsesi besar diperlukan jika kesepakatan menit-menit terakhir harus disepakati sebelum 31 Oktober batas waktu.

Di depan data, perkiraan PDB Inggris untuk Agustus akan dirilis pada pukul 09:30 waktu London, bersama dengan angka manufaktur, jasa, hasil industri, dan perdagangan.

Dalam hal saham individu, pembuat barang mewah LVMH naik 4,1% untuk memimpin Stoxx 600 setelah hasil yang kuat, menarik sesama merek mewah Christian Dior 3,5% lebih tinggi pada awal perdagangan.

Perusahaan biosains Denmark Chr. Hansen jatuh 10,8% setelah kehilangan ekspektasi laba, sementara perusahaan teknologi kesehatan Belanda Philips turun 8,2% setelah memperingatkan akan kehilangan target margin 2019, karena kenaikan tarif dan penurunan margin dalam bisnis Connected Care-nya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkembangan menjelang pertemuan negosiasi dagang AS-China malam ini, yang jika memberikan sentimen negatif akan melemahkan bursa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here