Harga Kakao Turun Ke Terendah Tiga Minggu

169

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao di New York turun ke terendah tiga minggu sedangkan di London harga turun ke terendah dua minggu, karena melimpahnya produksi kakao di Ivory Coast

Harga kakao Desember di ICE New York turun  $41 (1.67%) menjadi $2,407 per ton sedangkan di harga kakao Desember turun 1.14%..

Laporan dari Ivory Coast pada hari Senin panen kakao tercatat 2,248 MMT naik 14.5% dari tahun lalu diatas dan proyeksi ICO sebesar 2.22 MMT. Harga kakao turun karena petani di Ivory Coast mengirim 34,740 MT ke pelabuhan selama 1 – 6 Okt, naik 20% dari tahun lalu pada periode yang sama.

Faktor negative dari harga kakao adalah jaminan harga dari  pemerintah Ivory Coast dimana pemerintah memberikan subsidi sebesar 6.7%  dimulai pada tahun perdagangan 2019/20 pada tanggal 1 Oktober. Berita ini  mendorong kenaikan produksi kakao karena petani mengejar subsidi yang diberikan pemerintah.

Persediaan kakao saat ini masih ketat seperti yang dimonitor oleh ICE  pada hari Senin bahwa persediaan turun selama tiga bulan terakhir dan mencapai terendah delapan bulan di 3.678 juta kantong

Dilaporkan bahwa di Afrika Barat panen kakao diperkirakan akan melimpah. Cuaca di Afrika Barat curah hujan tidak merata dan diperkirakan ada badai dan suhu normal. Ivory Coast sendiri hujan turun sekali sekali.

Di Malaysia dan Indonesia hujan turun. Suhunya di atas normal. Brazil hampir seluruh perkebunan dalam keadaan kering dan suhu diatas normal

Analisa tehnikal untuk kakao New York dengan support pertama di $2,390 dan berikut $2,370 sedangkan resistant pertama di $2,490 dan berikut $2,510.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here