Bursa Eropa Bergerak Turun Mengikuti Pelemahan Wall Street

533

Pasar Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada awal perdagangan hari Kamis karena laporan laba yang mengecewakan dan pelemahan bursa Wall Street.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.140,30, turun -22,19 poin atau -0,36%

Indeks DAX berada pada posisi 9.964,79, turun -10,53 poin atau -0,11%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.315,74, turun -0,93 poin atau -0,02%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.683,30, naik 19,40 poin atau 0,22%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,45 persen.

Pasar Eropa mengikuti jejak pasar saham Asia dan AS pada Rabu.

Lihat : Awal Bursa Eropa 11 Mei Tertekan Pelemahan Sektor Perbankan Dan Minyak Mentah

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah di akhir perdagangan Rabu, di bawah tekanan dari mengecewakan laba perusahaan, khususnya Disney dan Macy, mengabaikan kenaikan tajam dalam minyak mentah.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 217,23 poin, atau 1,21 persen, di 17,711.12, dengan penurunan tertinggi saham Walt Disney dan saham Microsoft sebagai satu-satunya yang naik. Indeks S & P 500 ditutup turun 19,93 poin, atau 0,96 persen, pada 2,064.46, dengan sektor konsumen memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dan sektor utilitas satu-satunya pemenang. Indeks Nasdaq ditutup turun 49,19 poin, atau 1,02 persen, pada 4,760.69.

Lihat : Bursa Wall Street Turun 1 Persen Mengabaikan Lonjakan Minyak Mentah

Sektor perbankan sekali lagi menjadi fokus bagi investor. Saham Prancis Credit Agricole melaporkan penurunan 71 persen laba bersih untuk kuartal pertama, mengirimkan saham lebih dari 3,3 persen lebih rendah.

Sementara itu, saham UBS turun lebih dari 6 persen sementara Credit Suisse juga melemah tajam. Bergerak datang setelah pemerintah Swiss menyetujui versi akhir dari aturan perbankan yang baru, yang bertujuan untuk melindungi perekonomian negara dari keruntuhan pemberi pinjaman utama. Berdasarkan aturan, UBS dan Credit Suisse akan diperlukan untuk memiliki rasio leverage 5 persen dari modal inti terhadap total aset.

Raiffeisen Bank International juga berada di zona merah setelah HSBC memangkas target harga untuk saham.

Sejumlah saham asuransi yang melaporkan pada hari Kamis. Zurich Insurance mengatakan kuartal pertama laba bersih datang di $ 875.000.000, mengalahkan ekspektasi pasar dan mengirim saham lebih tinggi.

Tapi perusahaan asuransi Italia Generali diperdagangkan lebih rendah setelah laba operasional pada kuartal pertama turun 12,3 persen.

Dan asuransi Belanda Aegon melihat saham merosot lebih dari 8 persen setelah laba sebelum pajak yang mendasarinya datang di bawah ekspektasi.

Sementara itu utilitas Jerman RWE mengatakan laba operasional kuartal pertama naik 7 persen menjadi 1,7 milyar euro, mengalahkan ekspektasi pasar dan mengirim saham lebih tinggi.

Pengecer online Jerman Zalando menjawab perkiraan penjualan dan laba sebelum pajak tetapi menegaskan proyeksi setahun penuh untuk pertumbuhan pendapatan. Ia juga mengatakan pihaknya telah mengakuisisi perusahaan e-commerce Tradebyte, tapi saham yang diperdagangkan lebih rendah sebagai hasilnya.

Saham Lafargeholcim berada di wilayah negatif setelah mengatakan kuartal pertama laba operasi disesuaikan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA), turun 21,5 persen menjadi 824.000.000 franc Swiss ($ 848.610.000).

Bank of England juga menerbitkan keputusan suku bunga terbaru, risalah dan laporan inflasi di tengah hari waktu London. Komite kebijakan moneter sembilan anggota diperkirakan mempertahankan suku bunga utamanya ditahan pada rekor rendah 0,5 persen. Analis tidak mengharapkan kejutan apapun untuk mengubah suku bunga, namun risalah bisa memberikan petunjuk tentang kesehatan ekonomi Inggris Raya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan Wall Street dan minyak mentah untuk pergerakan selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here