Yen Sesi Eropa 7 September Sangat Kuat Kalahkan Dollar

546

Dollar AS diperdagangkan mixed terhadap mata uang utama dunia pada sesi Eropa hari Rabu(7/9), tetapi jatuh tajam terhadap kurs yen oleh bangkitnya  skeptisisme akan Bank of Japan  tidak dapat mengambil langkah-langkah pelonggaran yang agresif pada pertemuan kebijakan akhir bulan ini.

Lonjakan tersebut menambah pendakian kurs yen semalam oleh laporan mengejutkan dari  pertumbuhan sektor jasa AS  yang mengurangi spekulasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Bank of Japan akahir bulan direncanakan melakukan kajian komprehensif dari kebijakan moneternya.  Meskipun upaya agresif selama ini untuk menghasilkan inflasi, target  inflasi 2% tetap di luar jangkauan negara tersebut.

Sebelumnya Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda awal pekan ini menyebutkan secara rinci potensi kerusakan ekonomi dari suku bunga yang negatif. Dan hari ini ada laporan  bahwa dewan BOJ masih samar akan kebijakan berikutnya sehingga  memicu lonjakan yen terhadap semua rivalnya.

Pergerakan kurs yen  di   sesi Eropa (10:35:35 GMT) menguat  terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah   pada 102.02 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 41 pips  dan nilai pair bergulir  pada 101,61.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi lemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun  ke kisaran  101,09-100,44. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut, maka pair dapat naik   ke kisaran 102,20.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here