Rupiah Berhasil Cetak Penguatan Mingguan Lawan Dollar AS

1079

Usaha rupiah Jumat untuk memenangkan perdagangan pekan ini melawan dollar AS sedikit berhasil meskipun sepanjang hari ini (21/10) kekuatan rally dollar AS sangat kuat menekan rupiah. Pekan lalu rupiah kalah secara mingguan terhadap dollar setelah 3 pekan berturut mampu mengalahkannya, namun lemahnya rupiah akhir pekan membuat penguatan mingguan hanya sedikit sekali.

Pergerakan negatif sepanjang hari  tidak menghalangi derasnya aliran modal asing masuk bursa daripada aksi jual saham yang dilakukan investor asing, sehingga  terbentuk  net buy asing sebesar Rp17 miliar lebih. Besaran modal asing yang masuk  cukup besar ini akhirnya turut angkat IHSG yang naik  0,1%.

Lihat: IHSG 21 Oktober Berakhir Naik, Pertahankan Level 5400

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan  0,23% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13038/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13012/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  kembali diperkuat  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih lemah  di 13020 dari perdagangan sebelumnya  di 12999, demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan   ke 13085 dari  perdagangan sebelumnya 13064.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan depan diperkirakan  dibuka positif  meskipun  kekuatan dollar AS  tetap stabil hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here