Sikap Dovish Mario Draghi Jatuhkan Euro ke Terendah 7 Bulan

997

Sikap ECB atau bank sentral kawasan Euro yang tidak mendiskusikan kelanjutan program QE atau stimulus untuk ekonomi kawasan tersebut pada pertemuan bulanan mereka pada hari Kamis (20/10) mengecewakan harapan pasar untuk laju euro. Akibatnya nilai tukar kawasan tersebut semakin terjun nilainya ke bawah posisi 7 bulan terendah terhadap dollar AS.

Sebelumnya pasar sangat mengharapkan Mario Draghi sebagai Gubernur ECB umumkan perkembangan program stimulus bank sentral tersebut yang akan berakhir pada Maret 2017. Pasar ingin tahun seperti apa prospek ekonomi kawasan tersebut selanjutnya setelah melihat tekanan kuat terjadi pada tahun ini.

Pergerakan kurs euro  sesi Eropa (09:30:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya pada   1.0928  di   awal   perdagangan sesi Asia  (00.00 GMT),  kurs  Euro alami  penurunan 38 pips   dan kini  bergulir   pada 1.0890.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD secara teknikal akan turun ke kisaran   1.0874 – 1.0812. Namun jika terjadi koreksi naik maka pair akan kuat  mencapai kisaran  1.0935-1.1007.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here