Harga Minyak Mentah Naik Terdukung Penurunan Pasokan Mingguan AS

633

Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan Kamis dinihari (18/05) setelah data pemerintah A.S. menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah dan aktivitas penyulingan yang kuat di konsumen minyak terbesar di dunia, menjelang pertemuan produsen minyak utama pekan depan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berakhir naik 41 sen atau 0,8 persen, pada $ 49,07.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 45 sen menjadi $ 52,10 per barel pada pukul 2:34 siang waktu ET (1834 GMT).

Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah A.S. menurun selama enam minggu berturut-turut. Persediaan bensin dan distilat juga menurun.

Persediaan minyak mentah A.S. turun sebesar 1,8 juta barel untuk minggu hingga 12 Mei, kurang dari 2,4 juta barel yang telah diperkirakan.

Produksi minyak mentah A.S. telah naik 10 persen sejak pertengahan 2016 sampai 9,3 juta bpd, mendekati produsen utama Rusia dan Arab Saudi.

Analis mengatakan bahwa Pantai Teluk A.S. menyebabkan aktivitas kilang lebih tinggi. Kilang berjalan lebih dari 750.000 bpd lebih tinggi dari tingkat tahun yang lalu untuk A.S. telah cukup untuk membawa peningkatan, meski ada impor yang lebih kuat. Sebuah kenaikan untuk minyak mentah, bensin dan sulingan merupakan pengaruh yang mendukung harga.

Brent mencapai $ 52,63 per barel dan WTI naik setinggi $ 49,66 pada hari Senin setelah Arab Saudi dan Rusia menyepakati perlunya untuk memperluas hambatan produksi oleh anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lainnya.

Pemotongan pasokan 1,8 juta barel per hari (bpd) pada awalnya disetujui untuk dijalankan pada paruh pertama 2017. Riyadh dan Moskow mengatakan bahwa mereka harus diperpanjang sampai Maret 2018. Perpanjangan tersebut akan dibahas pada pertemuan OPEC pada 25 Mei.

Negara-negara OPEC seperti Kuwait, Irak, Oman dan Venezuela mengatakan bahwa mereka mendukung perpanjangan pemotongan pasokan, menandakan bahwa pertemuan minggu depan akan berjalan dengan lancar. Beberapa analis mengatakan pemotongan yang lebih dalam bahkan bisa disepakati.

Produksi minyak Laut Utara, yang umumnya terlihat pada penurunan terminal, diperkirakan akan melonjak bersih 400.000 bph dalam dua tahun ke depan dengan proyek baru dan efisiensi yang lebih besar.

Badan Energi Internasional mengatakan pada hari Selasa persediaan minyak komersial di negara-negara industri naik 24,1 juta barel pada kuartal pertama 2016. Sumber perdagangan dan data pengiriman Reuters mengindikasikan meningkatnya jumlah kapal tanker yang menyimpan minyak lepas pantai Tiongkok karena fasilitas di darat penuh.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun dengan kekuatiran peningkatan produksi AS, sementara penurunan pasokan mingguan tidak sebanyak yang diperkirakan. Pasar juga masih menantikan pertemuan keseluruhan anggota OPEC akhir Mei untuk memutuskan rencana perpanjangan pemotongan pasokan. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 48,50-$ 48,00, dan jika harga bergerak naik akan menguji kisaran Resistance $ 49,50-$ 50,00,

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here