Bursa Eropa Bergerak Flat Pasca Pidato Draghi

754

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak flat pada hari Jumat (17/11) karena investor mencerna data perdagangan baru dan komentar Presiden ECB Mario Draghi.

Indeks FTSE bergerak pada 7391.92, naik 4,98 poin atau 0,07%

Indeks DAX bergerak pada 13043.31, turun -3.91 poin atau -0.03%

Indeks CAC bergerak pada 5333.71, turun -2.68 poin atau -0.05%

Indeks Pan-European Stoxx 600 0,2 persen lebih rendah dengan sektor-sektor yang menunjuk ke arah yang berbeda.

Saham ritel merupakan salah satu pemain terburuk pada hari Jumat, turun sebesar 0,7 persen, setelah beberapa update rating. Secara khusus, H & M turun lebih dari 3 persen setelah downgrade rating oleh SEB menjadi “sell” dari “hold”. Dan Inditex turun hampir 1 persen setelah Berenberg memotong sahamnya untuk “menjual” dari “hold”. Analis telah memunculkan kekhawatiran atas meningkatnya persaingan dari belanja online.

Sementara Utilitas turun lebih dari 1 persen sebagai sektor, dengan United Utilities Group jatuh 5 persen, setelah HSBC menurunkan harga target dan rating pada saham tersebut.

Di sisi lain, saham media termasuk yang berkinerja terbaik karena berita tentang potensi merger. Sky naik lebih dari 3 persen, menjadikannya salah satu pemain top di Eropa, didorong oleh kabar bahwa Comcast, perusahaan induk CNBC, dan Verizon mengatakan bahwa mereka tertarik untuk membeli bagian-bagian tertentu dari 21st Century Fox.

Berperan dengan sektor ini, Vivendi melonjak lebih dari 4,5 persen, setelah tampil kuat dari cabang musik grup UMG dan Canal Plus di kuarter ketiga.

Melihat saham individual, Bollore melesat ke depan, naik 3,75 persen setelah kenaikan target harga.

Saham penyedia layanan konstruksi dan penopang Carillion merosot 32 persen pada perdagangan sore, setelah mengeluarkan peringatan keuntungan ketiga tahun ini. Saham awalnya sempat turun sebanyak 60 persen pada perdagangan pagi.

Sementara saham Elior turun lebih dari 15 persen setelah mendapat peringatan keuntungan. Stok berada di bagian bawah STOXX 600.

Dalam berita perusahaan lainnya, Nationwide Building Society membukukan penurunan 10 persen pada laba di paruh pertama tahun keuangannya.

Di Italia, Alitalia mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah bertemu dengan anggota Lufthansa. Menurut Reuters, Alitalia mengatakan bahwa laporan media mengenai kesepakatan dengan Lufthansa “tidak berdasar”.

Dari sisi data, angka current account zona euro menunjukkan surplus yang lebih besar pada bulan September menjadi 37,8 miliar euro ($ 44,51 miliar).

Pelaku pasar juga mencerna pidato Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi. Dia mengatakan kepada yang hadir di Frankfurt bahwa ECB perlu bersabar saat menormalisasi kebijakan moneter. Ini karena meski terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah beranggotakan 19 orang, inflasi tetap terjaga.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak datar dengan belum adanya sentimen yang menggerakkan lebih tinggi. Perlu dicermati pergerakan minyak mentah yang jika terus berlanjut dapat memberikan sentimen positif.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here